Segera Bentuk Tim DPUTR Keliling

Segera Bentuk Tim DPUTR Keliling

CEK DRAINASE: Pejabat DPUTR Kamir, cek drainase di Jalan Pemuda, usai dikuras lumpurnya. Drainase yang tersumbat lumpur, menjadi salah satu penyebab genangan air di jalan. --

Radarcirebon.id, CIREBON - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon, terus berupaya optimal meningkatkan pembangunan. Termasuk pula, menjaga dan merawat infrastruktur sarana prasarana pendukung. Agar kondisi infrastuktur terpantau, DPUTR akan membentuk tim keliling.

Kepala DPUTR Kota Cirebon Dr H Irawan Wahyono MPd mengatakan, pembangunan berkelanjutan terus dilakukan. Untuk lebih optimal, DPUTR akan membentuk tim keliling yang sigap memperbaiki saat menemukan infrastruktur kurang berfungsi.

Misalnya, lumpur menumpuk di drainase, inlet tersumbat, atau jalan berlubang. “Semoga Tim DPUTR Keliling ini butuh SDM teknis. Semoga dapat segera terwujud,” harapnya.

Pejabat DPUTR Kota Cirebon Kamir SE menjelaskan, pada banyak titik drainase dengan ketinggian 80 cm, ada sedimentasi lumpur mencapai 60 cm.

BACA JUGA:KKM Untag Pengabdian Pada Masyarakat

Sehingga, ruang 20 cm yang tersisa, tidak banyak menampung air dari bahu jalan. Sehingga potensi terjadi genangan air di jalan. “Lumpur di drainase berasal dari badan jalan,” ucapnya.

Genangan air di jalan, terjadi karena drainase tersumbat lumpur dan saluran pembuangan air dari jalan ke drainase (inlet), tertutup.

Karena anggaran terbatas, hanya untuk menangani kerusakan. Seperti, saluran ambruk dan inlet rusak. Untuk mencegah genangan air di jalan seluruh Kota Cirebon, kata Kamir, dibutuhkan pengurasan drainase menyeluruh.

BACA JUGA:Komang Ayu Cahya Dewi Melesat ke Babak Utama

Adanya Tim DPUTR Keliling nanti, Kamir optimis penanganan drainase dan jalan, lebih maksimal. Menangani persoalan genangan air, harus secara komprehensif. Mulai dari pengangkatan lumpur drainase, sungai, hingga perawatan inlet berkala. Dengan upaya masif dan menyeluruh, meminimalisir genangan air dan langkah cepat menangani jalan berlubang. (ysf)

BACA JUGA:Persib Siap Hadapi Laga Perdana

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: