Prihatin, Hanya Dua BUMDes yang Aktif

Prihatin, Hanya Dua BUMDes yang Aktif

PELATIHAN: Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, perwakilan BUMDes se-Kecamatan Mundu mengikuti pelatihan, kemarin. --

Radarcirebon.id, MUNDU- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kecamatan Mundu masih terbatas. Dari 12 desa, baru dua desa yang memiliki BUMDes yang sudah dikelola dengan baik.

Hal tersebut terungkap saat pelatihan SDM BUMDes se-Kecamatan Mundu, Selasa (19/7). Ketua Panitia, Rudy mengatakan, Kecamatan Mundu termasuk yang memiliki sedikit BUMDes yang sudah berjalan.

“Dari 12 Desa di Kecamatan Mundu, cuma dua desa yang BUMDes-nya berjalan yakni Desa Sinarancang dan Desa Pamengkang,” ungkap Rudy.

Menurutnya, masih sedikitnya desa yang memiliki BUMDes karena faktor sumber daya manusia (SDM) yang belum siap dalam mengelola badan usaha plat merah itu.

BACA JUGA:Tiga Tahun Gagal Panen, Masih Hujan dan Tambak Garam Diterjang Banjir Rob

“Faktor SDM yang jelas kurang mumpuni untuk mengelola BUMDes. Kalau SDM-nya mampu saya yakin banyak BUMDes di Kecamatan Mundu yang berjalan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya menyelenggarakan pelatihan BUMDes seluruh Kecamatan Mundu untuk memberikan materi dan motivasi bagi SDM BUMDes untuk bisa menjalankan badan usaha ini dengan baik dan sukses.

Dalam pelatihan tersebut, sambungnya, dihadirkan pemateri dari berbagai desa di Kabupaten Cirebon yang sukses mengelola BUMDes, seperti Desa Gebang Kulon dan DPMD Kabupaten Cirebon.

“Kita berharap minimal 50 persen desa di Kecamatan Mundu BUMDes-nya bisa berjalan, minimal berjalan saja dulu,” ujarnya. (den)

BACA JUGA:Berikan Pembekalan sebelum KBM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: