Gunung Slamet dan Gunung Ciremai, Konon Kakak Beradik, Begini Kisah Legenda

Gunung Slamet dan Gunung Ciremai, Konon Kakak Beradik, Begini Kisah Legenda

Gunung Ciremai dan wilayah di sekitarnya memiliki potensi gempa dan pergerakan tanah.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Gunung Slamet dan Gunung Ciremai dikisahkan dalam legenda sebagai kakak beradik. Keduanya saling terhubung satu sama lain.

Ada banyak kisah legenda terkait Gunung Ciremai dan Gunung Slamet. Sebab, keduanya memang terlihat saling berhadapan bila diperhatikan dari puncaknya.

Dari ketinggian dan tempat tertentu, Gunung Slamet bisa terlihat dari Gunung Ciremai. Bahkan nampak sangat jelas kegagahannya dari kejauhan.

Konon, Gunung Ciremai dan Gunung Slamet adalah kakak beradik. Karenanya legenda itu, berpedan terkait perilaku adik yang tidak boleh melawan kakaknya.

BACA JUGA:Usai Dapatkan Paulo Dybala, Jose Mourinho Ingin Rekrut Pemain Lagi

Dikisahkan pula, legenda terkait pertarungan Bima denga  gajah raksasa. Waktu itu, Gunung Slamet adalah yang tertinggi di Pulau Jawa. Singkat cerita dalam pertarungan itu, kuku Bima mengenai Gunung Slamet.

Secara ajaib, Gunung Slamet yang terpangkas terlontar jauh dan jatuh di tempatnya sekarang ini. Kemudian menjadi Ciremai. Tapi, itu hanya kisah legenda.

Cerita tutur serupa di kalangan masyarakat juga berkembang demikian. Disebutkan bahwa Gunung Ciremai dan Slamet adalah kakak beradik.

Ciremai adalah adiknya. Sedangkan Gunung Slamet adalah kakaknya. Hal ini, mungkin saja dilandasi faktor tinggi dari keduanya.

BACA JUGA:Kematian Brigadir J Jadi Perhatian Presiden Jokowi, Mabes Polri: Tim Bekerja Maksimal

Seperti diketahui, Slamet adalah sebuah gunung berapi kerucut tipe A yang berada di Jawa Tengah, Indonesia.

Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.432 mdpl dan terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang.

Sebagaimana gunung api lainnya di Pulau Jawa, Gunung Slamet terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia pada Lempeng Eurasia di selatan Pulau Jawa.

Retakan pada lempeng membuka jalur lava ke permukaan. Catatan letusan diketahui sejak abad ke-19.

BACA JUGA:Bertindak Tegas Jadi Hal Yang Beresiko Bagi Guru, Menko PMK Minta KPAI Buat Ini

Menurut kepercayaan warga sekitar, bila Gunung Slamet sampai meletus besar maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian.

Sedangkan Ciremai adalah gunung berapi kerucut yang secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.

Demikian kisah legenda juga ulasan Gunung Ciremai dan Gunung Slamet di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Koreksi Jumlah Tersangka Kecelakaan di Jalan Alternatif Cibubur, Dirlantas Polda Metro Jaya: Baru Satu Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: