Setiap Hari Buang Sampah = Setiap Hari Menabung

Setiap Hari Buang Sampah = Setiap Hari Menabung

SEHAT: Peserta senam program Merubah Sampah Jadi Berkah berpose bersama di halaman kantor Kelurahan Tukmudal.--

Radarcirebon.id, CIREBON-Semarak senam sehat mengawali kegiatan Merubah Sampah Jadi Berkah di Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat pagi (22/7).

Sebanyak 4 orang beruntung lagi-lagi ketiban rezeki mendapatkan logam mulia dari program kerjasama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon dan Toko Mas Pantes ini. Selain, belasan orang lain yang membawa pulang suvenir karena dianggap paling energik selama acara berlangsung.

Kesempatan Jumat pagi itu, juga berdiri tenant pengecekan kesehatan gratis meliputi cek tensi/gula darah dan lingkar perut. Serta minyak goreng gratis dari Bank Raya dengan syarat men-download aplikasi bank bersangkutan dan menjadi nasabah melalui pembukaan rekening baru.

Kemudian kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) diikuti antusias dan gotong royong warga dan TNI untuk membersihkan lingkungan sekitar.

BACA JUGA:Profil Alca Octaviani Istri Bintang Emon, Ternyata Punya Jabatan Penting

Kepala DLH Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan menyampaikan pesan yang menurutnya itu sangat penting. Ketika selesai acara Jumat kemarin, imbaunya, bisa terbangun kesadaran untuk tertib mengelola sampah di lingkungan masyarakat.

Sampah yang dihasilkan setiap hari, imbuh Iwan, tidak semua harus dibuang. “Ada yang bisa didaur ulang, dijadikan kompos hingga ditukar dengan uang dan logam mulia ini,” ujarnya kepada masyarakat sekitar yang hadir dalam acara tersebut.

Kadis LH meminta para ibu-ibu untuk mulai mengelola sampah dengan baik dari yang terdekat atau tingkat rumah tangga. Ke depannya ia berharap mereka bisa menularkan kebaikan mengelola sampah itu kepada masyarakat lainnya seperti keluarga dan tetangga.

Sekmat Sumber Fifi Erneti membeberkan tujuan kegiatan merubah sampah jadi berkah yakni agar masyarakat peduli lingkungan. Terutama masalah pengelolaan sampah. Semua orang, kata Fifi, berkontribusi menghasilkan sampah.

Fifi menekankan para ibu-ibu untuk jangan membuang sampah sembarangan. Bukan tanpa sebab, ia mengaku sering mendapati sampah yang berserakan di fasilitas-fasilitas umum di sekitar Kecataman Sumber.
Jika dikelola dengan baik, imbuhnya, sampah bisa bermanfaat. Selain menambah pemasukan, contoh lain misalnya bisa jadi pupuk kompos. “Ibu-ibu setiap hari buang sampah sama dengan setiap hari menabung,” pungkasnya.

BACA JUGA:BJB Cabang Sumber dan BKPSDM Gelar Character Building

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: