Pembinaan Pendidikan-Keagamaan oleh Mahasiswa IAI BBC

Pembinaan Pendidikan-Keagamaan oleh Mahasiswa IAI BBC

Mahasiswa KPM IAI BBC foto bersama perangkat desa di kantor Desa Beberan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon.--

Radarcirebon.id, CIREBON – Mahasiswa/i Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC) mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Desa Beberan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Sebanyak 11 mahasiwa yang terlibat membuka rumah edukasi setiap Minggunya. Berlokasi di RT 6 desa setempat. Dimulai pukul 15.30 hingga 4 sore. Terbuka untuk umum dan gratis, mencakup belajar menghitung, membaca, mengaji dan belajar Bahasa Inggris dasar.

“Lalu kami mengadakan kegiatan rutin Minggu Bersih, setiap hari Minggu dimulai pukul 8 pagi selama 2 jam. Dilakukan dengan kerjabakti membersihkan lingkungan sekitar,” kata salah seorang mahasiswa IAI BBC, Lita Puspita Sari, kemarin (27/7).

Selama 10 hari para mahasiswa KPM IAI BBC fokus dalam pembinaan pendidikan dan keagamaan. Seperti, membantu KBM guru PAUD Hidayatul Mubtadiin. “Kemudian juga berpartisipasi mengajar ngaji di musala terdekat bersama dengan ikatan remaja masjid,” tutur Lita.

BACA JUGA:Ridwan Kamil: Guru Awasi Waktu Kritis untuk Cegah Perundungan Antarsiswa

Selain, mahasiswa juga melakukan penelitian seputar budidaya jamur merang. Mereka terlibat membantu memanen langsung jamur yang tumbuh di iklim tropis dan subtropis tersebut.

“Kami juga mengunjungi sumber mata air yang terkenal di Desa Beberan, yaitu Mata Air Kimuneng. Uniknya, mata air tersebut tidak pernah surut walaupun cuaca sedang kemarau. Banyak juga anak-anak yang mandi di sumber mata air tersebut,” ucap Lita.

Kemudian ada Makam Ki Muneng yang menjadi salah satu situs bersejarah di Beberan. Mahasiswa KPM berkesempatan mengujungi makam dengan didampingi kuncen situs makam setempat.

BACA JUGA:Dukung EBT, PLN Siap Kembangkan Pembangkit Bayu 597 MW Hingga 2030

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: