Sunan Gunung Jati Mendaki Gunung Ciremai, Kisah Batu Lingga hingga Cibunar

Sunan Gunung Jati Mendaki Gunung Ciremai, Kisah Batu Lingga hingga Cibunar

Pos Batu Lingga Gunung Ciremai, salah satu rute di Jalur Pendakian Linggarjati.-BTNGC-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Kisah Sunan Gunung Jati bersama Wali Songo mendaki Gunung Ciremai banyak terkait dengan penamaan tempat di sepanjang jalur pendakian Linggarjati.

Satu diantara yang populer adalah Desa Cibunar. Tempat ini disebut dalah Sejarah Desa Linggarjati, bahwa dulunya sebuah pemukiman dan Sunan Gunung Jati berkunjung ketika mendaki Gunung Ciremai.

Dilansir dari Sejarah Desa Linggarjati, Cibunar yang sekarang hanya pos pendakian dulunya adalah sebuah desa yang dihuni penduduk. Bahkan desa ini masih ada ketika Sunan Gunung Jati bersama Wali Songo mendaki Gunung Ciremai.

Namun, entah mengapa, desa ini kemudian ditinggalkan dan kini tidak lagi dihuni melainkan sekadar nama jalur pendakian saja. Adapun penduduk banyak bermukim di Desa Linggarjati.

BACA JUGA:Wikipedia Fadil Imran Diedit Terima Suap dari Ferdy Sambo, Begini Nasib Pelakunya

BACA JUGA:Marsma Wastum, Pilot TNI AU dari Cirebon yang Intercept Pesawat Amerika Serikat

Kisah Wali Sogo dan Sunan Gunung Jati ketika mendaki Gunung Ciremai juga dikaitkan dengan kisah Batu Lingga. Bahkan Pos Pengasinan yang merupakan tempat terakhir sebelum mencapai puncak di Jalur Pendakian Linggarjati. 

Karena itu, tidak heran bila nama-nama tempat tersebut begitu populer, lantaran dikaitkan dengan sejarah Jalur Pendakian Linggarjati yang dikenal terjal dan ekstrem.

Secara tahun, sulit diketahui kapan sebenarnya Wali Songo mendaki Gunung Ciremai. Kisah ini pun banyak bersumber dari cerita tutur warga atau sesepuh.

Kendati demikian, banyak keterkaitan dan kesamaan nama tempat di Jalur Pendakian Linggarjati, dengan kisah Wali Songo mendaki Gunung Ciremai.

BACA JUGA:Laudya Chintya Bella Menikah dengan Pangeran Dubai, Viral di Tiktok, Asisten Beri Klarifikasi

BACA JUGA:Viral Bansos Diduga Dipendam Oknum JNE di Depok, Sudah 2 Tahun, Bantuan Presiden

Alkisah, Wali Songo mendaki Gunung Ciremai termasuk di dalamnya Sunan Gunung Jati, dipandu oleh Satria Kawirangan.

Kisah Wali Songo mendaki Gunung Ciremai inilah, banyak diambil menjadi nama dari pos-pos di sepanjang Jalur Pendakian Linggarjati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: