Yamaha-detail

Tahun ini, Pelabuhan Cirebon Bakal Disulap jadi Zona Pariwisata

Tahun ini, Pelabuhan Cirebon Bakal Disulap jadi Zona Pariwisata

Salah satu bangunan tua di Pelabuhan Cirebon.--

Radarcirebon.com, CIREBON-Tahun 2022 ini, pengembangan zona pariwisata dan rekreasi di Pelabuhan Cirebon bakal segera dimulai. Menurut rencana, beberapa bangunan tua yang ada di Pelabuhan Cirebon akan disulap menjadi tempat rekreasi di Pelabuhan.

Pengembangan zona pariwisata dan rekreasi tersebut akan dilakukan oleh PT Pelindo Regional 2  Cirebon sebagai pihak operator di Pelabuhan Cirebon

Pengembangan zona pariwisata dan rekreasi tersebut sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan pada tahun 2017 lalu.

Menurut General Manager PT Pelindo Regional 2 Cirebon, Tengku Mursalin Rahim, Pelabuhan Cirebon sangat berbeda dengan pelabuhan lainnya dan memiliki keunikan tersendiri.

BACA JUGA:Terkuak! Komnas HAM Ungkap Bukti Tiket Pesawat Ferdy Sambo Sehari Sebelum Insiden Penembakan Brigadir J

"Ciri khas Pelabuhan Cirebon ini cukup unik dan klasik, sehingga di dalam dokumen perencanaan RIP, Kemenhub memberikan space khusus untuk zona pengembangan pariwisata dan rekreasi. Jafi menurut saya ini sangat jarang,"ungkapnya.

Tengku menyebutkan, berdasarkan peta RIP di wilayah Pelabuhan Cirebon ini ada sedikitnya 4,5 hektar lahan yang diproyeksikan untuk zona wisata dan rekreasi.

"Pengembangan wisata dan rekreasi, sedang kita gagas untuk di realisasikan, akan dimulai tahun ini. Kita banyak diskusi dengan sejarawan, dari Kesultanan kita juga perlu banyak masukan, untuk mengembangkan pariwisata berbasis budaya Cirebon di Pelabuhan. Kita ada luas hampir 4,5 hektar untuk zona pariwisata dan rekreasi, tahun ini akan dimulai tahapannya,"sebutnya.

BACA JUGA:Dites Urine, Bukan BCL yang Positif Psikotropika, Tapi..

Dijelaskan Tengku, PT Pelindo akan memulai dengan menyulap sebuah gudang dengan tiga lekukan atap yang ada di wilayah Selatan Pelabuhan.

"Kita rubah jadi tempat pariwisata berorientasi budaya, ada kuliner, ada aktifitas budaya lain. Untuk memulainya, kami sudah menyiapkan anggaran dan saat ini mulai konsolidasi dan koordinasi dengan semua pihak pemangku kepentingan di Pelabuhan, seperti dengan Ditpolairud dan Lanal Cirebon.Tahun ini mulai, ini menjadi amanah kita untuk dieksekusi, setelah zona pariwisata, kita akan diskusi zona lain,"pungkasnya.

BACA JUGA:Tugas Yanma Polri, Jabatan Baru Irjen Ferdy Sambo: Urus Musik sampai Angkutan

Sumber:

....