RS Sumber Kasih Gelar Seminar Deteksi Dini Jantung Anak

RS Sumber Kasih Gelar Seminar Deteksi Dini Jantung Anak

DETEKSI DINI. Rumah Sakit Sumber Kasih, Sabtu (13/8) menggelar seminar dokter deteksi dini dan penanganan pertama penyakit jantung bawaan anak dan dewasa bagi dokter du Fasyankes, di Hotel Luxton.--

Radarcirebon.com, CIREBON- Tidak sedikit anak yang mengalami jantung bawaan sejak lahir, hanya saja penangannya kedepak harus lebih optimal lagi, khususnya di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) dasar mulai puskesmas hingga klinik. 

Untuk itulah, Rumah Sakit Sumber Kasih, Sabtu (13/8) menggelar seminar dokter deteksi dini dan penanganan pertama penyakit jantung bawaan anak dan dewasa bagi dokter du Fasyankes, di Hotel Luxton.

Direktur RS Sumber Kasih, Dr Lucia Dewi Puspitasari MM mengatakan, seminar dokter deteksi dini dan penanganan pertama penyakit jantung bawaan anak dan dewasa bagi dokter di Fasyankes digelar dalam rangka memberikan pengetahuan terkini tenganh penyakit jantung bawaan anak dan dewasa.

Oleh karenanya, kata Lucia, seminar ini di khususkan untuk dokter umum yang ada di Fasyankes yang biasa bersentuhan langsung dengan pasien tingkat dasar.

BACA JUGA:Kasus Dihentikan, Begini Kata Brigjen Andi: Gak Ada Pelecehan Seksual pada Putri Candrawathi

Menurut Lucia, di Fasyankes terkadang ada pasien bayi atau anak yang sebenarnya menderita sakit bawaan jantung tapi dokter kurang aware (peduli) padahal itu sakit jantung.

Karenanya dengan seminar dokter ini, diharapkan para  dokter Bisa lebih peduli deteksi dini penyakit jantung bawaan anak dan dewasa.   "jumlah peserta seminar sebanyak 120 peserta dan semuanya adalah dokter umum dari wilayah 3 Cirebon," ujar Lucia.

Untuk itu dirinya berharap kepada dokter umum di puskesmas dan layanan kesehatan lainnya supaya  lebih aware. Pihaknya menerangkan, di RS sumber kasih sebenarnya sudah ada 2  alat deteksi jantung berupa EKG ECO, treatmil dan memiliki 2 dokter jantung.

"Sakit Jantung pada anak biasanya bawaan Anak saat lahir , kita ambil topik ini supaya dokter bisa deteksi jantung anak. Karena Kelainan jantung tidak selalu di operasi," pungkasnya.

BACA JUGA:Kasus Pelecehan Seksual Istri Ferdy Sambo Dihentikan, Apakah Putri Candrawathi Terima Tuntutan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: