Furqon:Media Bagian dari Pilar Demokrasi

Furqon:Media Bagian dari Pilar Demokrasi

Advokat Qorib Magelung Sakti menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada Furqon Nurzaman di acara syukuran Hari Jadi ke 1 Kantor Hukum QMS, Sabtu(13/8/2022).-Dedi Haryadi -radarciebon

Radarcirebon.com, CIREBON-Informasi yang sehat menjadi tanggungjawab insan jurnalis. Peran yang paling dominan dalam supremasi hukum adalah media.

Hal tersebut diungkapkan Furqon Nurzaman salah satu praktisi hukum Kota Cirebon saat menghadiri peringati milad ke 1 Kantor Hukum Qorib Magelung Sakti (QMS), Jl Ahmad Yani No 53, Kelurahan Kecapi, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Sabtu (13/8/2022).

"Media adalah bagian dari pilar demokrasi. Sehingga, dapat mengawal kasus hukum sampai terang temerang informasi yang sampai ke masyarakat. Kita sering mendengarkan dalam konteks penegakan hukum melalui media,"ungkapnya.

Menurut penasehat pribadi bidang hukum wali kota Cirebon ini, media online atau jurnalis online adalah salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pembangunan di negeri ini.

BACA JUGA:Kebaya Goes to Unesco, Forum Bisnis Cirebon Inisiasi Catwalk Ala Citayam Fashion Week

"Salah satunya peran jurnalis online adalah mewujudkan hukum sebagai panglima di negeri ini. Media pun sudah mengalami perubahan dan mengikuti perkembangan zaman. Dengan bertransformasi menjadi media online sangat berperan mengawal tegaknya hukum di negeri ini,"ujarnya.

Furqon menyebutkan, produk jurnalistik dilindungi dan tunduk terhadap Undang-undang pers.

"Produk jurnalistik itu memang mereka tunduk pada undang-undang pers. Makanya, mereka (media) selalu memberikan ruang untuk bisa melakukan klarifikasi terhadap siapapun yang merasa keberatan terhadap berita yang dimuat,"sebutnya.

Di tempat yang sama, Muslimin selaku Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Cirebon menerangkan, peran media dalam penegakan supermasi hukum sangatlah penting. Namun, tidak bisa lepas dari kode etik jurnalistik menjadi pemberitaan yang layak untuk disajikan.

BACA JUGA:Lomba Menghias Gang di Ujunggebang; Semangat Gotong Royong Hari Kemerdekaan

"Peran media sangat besar bagi masyarakat, media juga harus punya tanggungjawab yang besar. Di negara berkembang, peran media secara jujur belum maksimal, karena media dipengaruhi banyak faktor, dan mempunyai kebijakan redaksi sendiri sehingga membuat narasi tertentu,"terangnya.

Sementara, Praktisi hukum Cirebon, Qorib Magelung Sakti menjelaskan acara ngorobol santai bareng Kantor Hukum QMS tersebut dalam rangka syukuran hari jadi QMS Law ke 1.

"Kami ucapakan terima kasih atas terselenggaranya dialog peran media online di hari jadi QMS yang pertama, bersama IWO Cirebon dan calon Wali Kota Cirebon, Furqon,"pungkasnya.

BACA JUGA:Jokowi Janji Hadir Dalam Jambore Nasional ke-XI Kwarnas Gerakan Pramuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: