Cerita Prabu Siliwangi Singkat, Jadi Raja Pajajaran di Usia 81 Tahun

Cerita Prabu Siliwangi Singkat, Jadi Raja Pajajaran di Usia 81 Tahun

Cerita Prabu Siliwangi dalam versi singkat.-Ist-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Berikut adalah cerita Prabu Siliwagi versi singkat, yang merangkum dari berbagai sumber terpercaya terkait kisah hidup Sri Baduga Maharaja.

Cerita Prabu Siliwangi secara singkat ini, terkait dengan tahun kelahiran hingga masa ketika memegang tahta sebagai Raja Pajajaran dan menyatukannya dengan Kerajaan Galuh.

Secara singkat, dapat diketahui bahwa Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja dalam beberapa versi cerita adalah raja yang mampu membawa Kerajaan Sunda ke masa kejayaan.

Bahkan, meski memimpin dalam waktu singkat beragam cerita sejarah mendeskripsikan bagaimana Prabu Siliwangi membawa kerajaan pada masa keemasan baik dalam kehidupan masyarakat hingga infrastruktur.

BACA JUGA:Tragis, Pemain Bola Tewas Akibat Tersambar Petir di Sukabumi  

Seperti diketahui, Prabu Siliwangi bertakhta selama 39 tahun dan saat menjadi Raja Pajajaran usianya sudah 81 tahun.

Namun, kisah kesuksesan Prabu Siliwangi masih diperbincangkan hingga kini dan menjadi legenda di masyarakat dengan berbagai versi cerita. 

Selama menjabat, Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja melakukan banyak kebijakan strategis yang membawa kemajuan bagi Kerajaan Pajajaran

Mulai dari menyatukan Kerajaan Sunda Galuh dengan Pakwan Pajajaran yang kemudian menjadi Kerajaan Sunda dan memindahkan ibu kota kerajaan dari Kawali ke Pakuan Pajajaran.

BACA JUGA:Surya Darmadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Soal Lahan Sawit Bakal Segera Tiba di Tanah Air

Tidak hanya itu, pembangunan infrastruktur getol dilakukan. Termasuk membangun pengerasan jalan dari Kawali menuju Pakuan Pajajaran.

Atau dalam masa kini, jalan tersebut menghubungkan daerah Ciamis sampai ke Bogor. Melalui Talaga, Majalengka, Sumedang, Subang, Karawang, hingga ke Bogor.

Berdasarkan tahun kelahiran Prabu Jayadewata, atau Prabu Siliwangi di Kawali yang tercatat pada 1401, maka Sri Baduga Maharaja menjadi Raja Pajajaran di umur 81 tahun.

Sebab, Sri Baduga Maharaja baru dinobatkan menjadi Raja Pajajaran pada tahun 1482 M dan menjabat sampai dengan 1521 M.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: