Mengenal Budaya melalui PMM IPB Cirebon

Mengenal Budaya melalui PMM IPB Cirebon

PELEPASAN: Sebanyak 14 mahasiswa IPB Cirebon dilepas oleh Rektor Dr Mahfud MSi MKom untuk menjalani PMM, Jumat (12/8).-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON- Sebanyak 14 mahasiswa Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Cirebon secara simbolis dilepas untuk menjalani program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Jumat (12/8). PMM dilakukan di perguruan tinggi negeri/swasta di luar Pulau Jawa.

Selama 4 hingga 6 bulan, mereka diberikan kesempatan untuk mempelajari budaya di kota tujuan PMM. PMM ini akan menerapkan sistem alihkredit sebanyak 20 SKS: 16 SKS untuk konversi mata kuliah prodi tujuan dan 4 SKS untuk modul nusantara sesuai dengan aturan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Salah seorang mahasiswi, Uswatun Hasanah, memilih Universitas Bosowa Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai kampus tujuan. Ia berangkat ke Makassar pada 8-10 September mendatang selama 4,5 bulan. Sebelum menjalani PMM, Uswatun telah mempelajari budaya dan lingkungan kampus termasuk fasilitas di dalamnya.

“Juga harus menyiapkan mental, karena pastinya teman-teman dan lingkungan sekitar juga akan berbeda,” kata mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IPB Cirebon tersebut.

BACA JUGA:Jaksa Gadungan Asal Cirebon Ditangkap, Kuwu Tidak Percaya: Bisa Saja Ini Politis

Uswatun beralasan mengikuti PMM karena ingin mengeksplor lebih jauh budaya di Indonesia. Setelah menganal Pulau Jawa, mahasiswi asli Lampung itu ingin tahu lebih jauh seputar Sulawesi Selatan terutama di Makassar.

“Awalnya saya mau ambil (PMM) di Kalimantan, tapi hanya beberapa mata kuliah yang bisa dikonversi. Jadi kemungkinan kesulitan ketika saya balik ke Cirebon dan harus mengulang mata kuliah yang belum saya pelajari. Akhirnya saya ngambil di Sulawesi,” ucap mahasiswi semester 5 itu.

Piyadi, mahasiswa PMM IPB Cirebon lain, mengaku sejak awal tertarik dengan Ilmu Hukum. Alasan tersebut ia sempat mencari-cari kampus yang memiliki prodi yang bersangkutan dengan Ilmu Hukum. Namun pada akhirnya ia menjatuhkan pilihan ke Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.

“Saya ikut PMM karena ingin belajar mandiri. Di sana jauh dari keluarga, semua akan serba dilakukan sendiri. Insya Allah yang didapat selama PMM, bisa saya terapkan di rumah,” tutur mahasiswa semester 2 Prodi Sastra Inggris tersebut.

BACA JUGA:Beredar Info Muka Stasiun Prujakan Pindah ke Jalan Ampera, PT KAI: Tunggu Release Resmi

“PMM ini pengalaman baru dan ingin mencoba belajar di luar kampus. Semoga bisa bermakna di kehidupan saya ke depannya. Dan saya berharap keahlian saya bisa berkembang dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa,” ucap

Muhamad Hamdani, mahasiswa IPB Cirebon lainnya yang menjalani PMM di Universitas Internasional Batam.
Sementara Tafana Citra Rahzisa, mahasiswi Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon memilih Universitas Pendidikan Ganesha Bali sebagai tujuan PMM. Mahasiswi semester 2 ini juga didukung penuh orang tua untuk menjalani kehidupan di Bali selama PMM.

“Saya memilih Bali karena banyak wisatawan yang datang, Bali jadi destinasi tujuan banyak orang. Harapannya di sana bisa aktif, kenal banyak orang dan mendapat pengalaman baru,” kata mahasiswi yang sebelumnya juga telah mengunjungi Bali, itu.

BACA JUGA:SDN Kebon Baru IV Lepas Guru Purna Bakti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: