Sariawan Menyerang, Cobalah Lima Obat Alami yang Mudah Didapatkan

Sariawan Menyerang, Cobalah Lima Obat  Alami yang Mudah Didapatkan

Madu adalah bahan alami yang mempunyai rasa manis dan bisa dijadikan sebagai pengganti gula.-fancycrave1-Pixabay

Radarcirebon.com – Ketika kekebalan tubuh menurun, respon yang dihasilkan oleh tubuh adalah munculnya sariawan di mulut atau lidah.

Sariawan ini membuat si penderita tidak nyaman, terutama saat makan, karena menimbulkan rasa perih.

Tapi, tidak perlu khawatir karena alam menyediakan obat alami untuk menyembuhkan sariawan tersebut.

Melansir dari alodokter via disway.id, inilah obat sariawan alami yang biasa ditemui sehari-hari: 

BACA JUGA:Alhamdulillah! September 2022 Pemerintah Beri Bantuan ke Anak Yatim

1. Larutan garam

Berkumur dengan larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan.

Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam  setengah cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai obat sariawan alami.

2. Teh chamomile

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

BACA JUGA:Jangan Lupa Sarapan, Ternyata Penting Lho Buat Kesehatan

Untuk mengobati sariawan, Anda dapat merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat. Kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut selama kurang lebih 5 menit sebanyak 3–4 kali sehari.

3. Madu

Selain chamomile, madu juga memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga baik untuk dijadikan obat sariawan alami. Anda dapat mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh.

Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

BACA JUGA:Amankan Upacara Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Segini Jumlah Aparat Kepolisian yang Siaga

4. Sayuran dan buah-buahan

Agar sariawan bisa cepat sembuh, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan folat. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.

Tak hanya sayuran dan buah-buahan, beragam nutrisi untuk mengatasi sariawan juga bisa diperoleh dari suplemen tambahan. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase