Letak Makam Nyai Subang Larang, Diyakini Berada di Tempat Ini

Letak Makam Nyai Subang Larang, Diyakini Berada di Tempat Ini

Letak makam Nyai Subang Larang diyakini ada di Kabupaten Subang yakni di Astana Panjang atau Muara Jati, Desa Nanggerang, Kecamatan Binong.-Ist-radarcirebon.com

Radarcirebon.com - Letak makam Nyai Subang Larang hingga kini masih menjadi pertanyaan. Padahal, sosok istri Prabu Siliwangi ini memiliki kisah penting.

Kisah hidup Nyai Subang Larang banyak diceritakan dalam beberapa versi, termasuk letak makam tokoh yang sangat penting dalam sejarah Kerajaan Pajajaran.

Salah satu situs yang diyakini sebagai letak dari makam Nyai Subang Larang berada di Desa Nanggerang, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang.

Meski hanya sebuah situs, namun diyakini di tempat ini adalah letak makam Nyai Subang Larang sesungguhnya.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-16 Kembali Diguyur Bonus, Jumlahnya Fantastis

BACA JUGA:Inilah Tips Atasi Insomnia, Salah Satunya Makan Nasi

Karena diyakin sebagai letak makan Nyai Subang Larang, situs ini ramai didatangi untuk ziarah. 

Letak makam Nyai Subang Larang di Kabupaten Subang ada di Astana Panjang atau Muara Jati, karena ditemukan beberapa peninggalan penting.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Nyai Subang Larang sesungguhnya? 

Mengutip naskah "Cariosan Prabu Siliwangi" yang ditulis dengan bahasa Jawa Cerbonan dan aksara Carakan pada tahun 1435 M di atas daluwang (kertas kulit kayu), menyebutkan nama Nhay (Nyai) Mrajalarangtapa Dyah Subang Larang.

BACA JUGA:Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J, Inilah Peran Putri Candrawathi

BACA JUGA:Sudah Masuk Indonesia, Inilah Cara Penularan Cacar Monyet

Menurut Carita Purwaka Caruban Nagari (CPCN), Subang Larang bernama asli Kubang Kencana Ningrum. Nyai Subang Larang lahir pada 1404 M dan wafat tahun 1441.

Sementara ada kisah lain menyebutkan Subang Larang wafat pada usia 40 tahun. Dengan demikian mestinya ia wafat pada tahun 1444.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: