Wagub Uu Bahagia, Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal di Jawa Barat

Wagub Uu Bahagia, Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal di Jawa Barat

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Gebyar Desa di Kabupaten Cirebon.-Andri Wiguna-Radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengaku bahagia. Hal tersebut setelah ia menerima informasi tidak ada lagi desa tertinggal di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Uu saat hadir di Gebyar Desa di Desa Gegesik Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon.

Menurut Uu, kondisi tersebut merupakan cermin dari kemajuan pimpinan dan masyarakatnya, di mana program Pemprov dan daerah linier dalam melaksanakan program eliminasi desa tertinggal di Jawa Barat.

"Saya bahagia, di Kabupaten Cirebon tidak ada lagi desa tertinggal, kalau Cirebon maju, Jawa Barat juga maju karena Cirebon adalah bagian dari Jawa Barat," ujar Uu.

BACA JUGA:6 Anak Terseret Ombak di Pantai Mekarsari, Patrol, Indramayu, Satu Hilang

Diterangkan Uu, daerah harus membuat program yang linier dengan Provinsi dimana nantinya bisa dilakukan sharing peogram 30 persen dari Provinsi dan 70 persen dari daerah Kota dan Kabupaten.

"Programnya harus nyambung, jadi targetnya bisa dicapai bersama, contohnya program eliminasi desa tertinggal, ini penting karena ini sejalan dengan program Pemprov Jawa Barat,"imbuhnya.

Menurut dia, pencapaian itu berkat keberhasilan kepala daerah dalam mengelola seluruh potensi yang ada dan tidak terlepas dari peran serta masyarakat.

"Saya sangat bahagia, karena kalau Kabupaten Cirebon maju berarti Jawa Barat juga maju, jika Kabupaten Cirebon hebat maka Jawa Barat juga hebat," kata Uu Ruzhanul Ulum saat ditemui usai kegiatan.

BACA JUGA:Ayah Emil Dardak Lakukan Hal Ini Sebelum Meninggal Dunia, Bikin Keluarga Heran

Ia mengatakan, efek domino tersebut dikarenakan Kabupaten Cirebon termasuk salah satu dari 27 kota dan kabupaten yang berada di wilayah Jawa Barat.

Pihaknya juga mengajak seluruh kepala daerah di Jawa Barat untuk membuat program linier dengan kebijakan yang disusun oleh Pemprov Jawa Barat.

Agar seluruh program kebijakan tersebut dapat dikolaborasikan pemerintah kota dan kabupaten dengan Pemprov Jabar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pak Uu menyampaikan, tidak adanya desa tertinggal di Kabupaten Cirebon menjadi bukti keberhasilan kolaborasi antara Pemkab Cirebon dan Pemprov Jabar.

BACA JUGA:Rekam Jejak Komjen Agus, Jenderal Bintang 3 yang Tegas Ancam Ferdy Sambo dengan Hukuman Mati

Pasalnya, keselarasan program desa tertinggal yang disusun Pemkab Cirebon dan Pemprov Jabar membuat kebijakan yang ditetapkan saling menyambung.

"Akhirnya, saat ini tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Cirebon. Ini bukti keberhasilan kolaborasi untuk menanggulangi desa tertinggal di Jawa Barat," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg mengatakan Gebyar Desa merupakan upaya pemrrintah mengembangkan seluruh potensi yang ada, terutama desa-desa di wilayah Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, yang dikenal memiliki banyak seni budaya sehingga potensi tersebut harus lebih dimaksimalkan.

"Desa-desa di Gegesik mempunyai banyak keunggulan di bidang seni budaya, sehingga kami mendorong agar dikenal lebih luas," kata Imron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: