Memilih Oli Sepeda Motor Harus Perhatikan Hal Ini, Awas Jangan Salah!

Memilih Oli Sepeda Motor Harus Perhatikan Hal Ini, Awas Jangan Salah!

Memilih oli sepeda motor. Foto: -dok PanaOil-JPNN.com

Radarcirebon.com, JAKARTA - Memilih oli sepeda motor, baik matic maupun manual, perlu memperhatikan sejumlah hal berikut ini.

Dijelaskan PT Pana Oil Indonesia (PanaOil), pengguna harus mampu memilih oli sepeda motor yang baik untuk melumasi mesin si kuda besi.

Dikatakan Division Head B2C PT Pana Oil Indonesia, Reza Ben Ungerer, kendaraan roda dua bertransmisi manual dan otomatis alias matic memiliki sistem yang berbeda.

Dia menyebutkan bahwa, motor manual memiliki kopling basah yang terendam oleh oli, sedangkan jenis motor matic memakai kopling kering.

BACA JUGA:Rekor 7 Pertemuan PSM vs Persib, di Liga 1 dan Piala Presiden

Oleh karena itu untuk kedua jenis sepeda motor pengguna harus memilih oli yang berbeda.

“Sebaiknya motor bertransmisi manual tidak menggunakan oli mesin yang memang dirancang khusus untuk motor transmisi otomatis," terang Reza Ben Ungerer dilansir JPNN.com.

"Oli motor yang dipakai untuk mesin motor otomatis memang dirancang khusus untuk kopling kering, jika digunakan di motor kopling basah (manual) akan mengalami selip,” imbuh Reza.

Untuk memilih oli sepeda motor bertransmisi manual harus diketahui hal ini, yaitu bersifat lebih kental daripada pelumas untuk yang jenis matic.

BACA JUGA:PSM vs Persib : Begini Janji Budiman Soal Ambisi Timnya di Makassar

Hal itu disebabkan sepeda motor bertransmisi manual akan bekerja lebih keras untuk memastikan proses perpindahan gigi bisa dilakukan sesuai kondisi jalan.

Adapun oli motor otomatis akan lebih encer, karena fungsinya hanya memberikan perlindungan terhadap mesin.

Demi memudahkan saat memilih oli, konsumen bisa melihat kode JASO (Japanese Automotive Standards Association) pada kemasan pelumas.

Oli untuk sepeda motor bertransmisi manual akan tertulis JASO MA yang berarti oli tersebut mengandung zat aditif yang berfungsi memastikan kinerja kopling menjadi presisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: