Daniel Mananta dan Ustadz Abdul Somad Bahas Pawang Hujan dan Dukun, Begini Jawabannya

Daniel Mananta dan Ustadz Abdul Somad Bahas Pawang Hujan dan Dukun, Begini Jawabannya

Daniel Mananta dan Ustadz Abdul Somad. -Ist/DMN-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, JAKARTA - Ustadz Abdul Somad atau UAS bersama Daniel Mananta mengungkap sejumlah pelajaran penting terkait Agama Islam, juga terkait pawang hujan hingga dukun.

Meski hanya sepintas, Ustadz Abdul Somad memberikan penjelasan singkat tetapi menjawab pertanyaan dari Daniel Mananta terkait dengan orang yang berserah diri bukan kepada Allah.

Menurut Daniel Mananta, sekarang ini banyak orang yang memiliki berserah diri kepada dukun ketimbang kepada Allah, pertanyaan itu disampaikan kepada Ustadz Abdul Somad.

Dalam jawabannya, UAS mengungkapkan bahwa ada satu doa dalam kemarau panjang, dalam Islam yakni salat istisqo.

BACA JUGA:Final, Dahlan Iskan Jadi Juri Kehormatan Gebyar Senam Disway di Graha Pena Jalan Perjuangan

BACA JUGA:Pengusaha Cirebon Ditangkap Bareskrim Polri di Kasus Penipuan, Berkas Dilimpahkan ke Kejagung

Kemudian UAS mejawab mengenai dukun dan pawang hujan. "Apa beda ustadz sama pawang hujan. Dua-duanya melakukan sesuatu yang tidak logis," sebut UAS.

Dijelaskan perbedaan dukun dan ustadz. Bahwa ustadz, ulama, kiai, berdoa kepada Allah. Sedangkan dukun dia minta kepada setan. "Permintaannya kepada setan, musuh tuhan," jelasnya.

Padahal, kata UAS, dalam Islam diajarkan untuk jauh dari keburukan. "Kita selalu diajarkan untuk menjauhi yag tidak baik. Sedangkan dukun kepada hamba setan," tandasnya.

Lebih lanjut, Ustadz Abdul Somad membicarakan pemusnahan dukun di era kepemimpinan sahabat Nabi hingga gerakan Renaisans di Eropa sesudahnya. Dengan tegas, UAS menyebut dukun harus ditangkap.

BACA JUGA:AHY Cup, Atlet Voli Cirebon Berpeluang Gabung Klub Lavani

BACA JUGA:Hadir di CSB, Experience Berbeda di Wahana Rumah hantu

"Orang lupa bahwa di abad 15 di Eropa, di antara gerakan Renaisans adalah menangkap dukun-dukun. Jauh sebelum itu, pada masa setelah Nabi Muhammad meninggal, diadakan razia dukun. Semua dukun ditangkap, disuruh bertaubat," ucap UAS.

"Kalau kita mau bersih, maka dukun-dukun harus ditangkap," kata Ustadz Abdul Somad yang membuat Daniel Mananta cukup terkejut. Namun UAS juga tak masalah apabila pernyataannya tak ditayangkan Daniel Mananta dalam podcast.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: