Telkom Witel Cirebon Hadirkan Lab IoT Pertama di Indonesia di SMKN 1 Losarang

Telkom Witel Cirebon Hadirkan Lab IoT Pertama di Indonesia di SMKN 1 Losarang

PT Telkom Indonesia dan SMKN 1 Losarang Indramayu menandatangani MoU di Telkom Cirebon, Jalan Pagongan, Kota Cirebon, Senin (5/9/2022).-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - PT Telkom Indonesia dan SMKN 1 Losarang Indramayu menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) berkaitan dengan kontrak kerjasama penyediaan Laboratorium Internet of Things (IoT) di SMKN 1 Losarang.

Nota kesepahaman ditandatangani General Manager Telkom Witel Cirebon Ferry Zuljanna dan Kepala SMKN 1 Losarang H Armawi Charli SPd MPdI di Telkom Cirebon, Jalan Pagongan, Kota Cirebon, Senin (5/9/2022).

Kontrak berlangganan penyediaan Laboratorium IoT ditandatangani oleh Manager Business and Enterprise Service Cirebon, Monica Dewi dan Kepala SMKN 1 Losarang, H Armawi Charli SPd MPdI.

Penyediaan Laboratorium IoT di SMKN 1 Losarang ini merupakan pilot project Lab IoT pertama Telkom untuk jenjang SMA/SMK. Laboratorium IoT ini bisa diselaraskan dengan berbagai jurusan di SMK seperti jurusan TKJ, Permesinan, Teknik Elektro, Teknik Kendaraan Ringan (TKRO), Pertanian dan lainnya, device/modulnya bisa disesuaikan dengan jurusan yang ada.

Pada solusi Lab IoT ini, Telkom menyediakan: platform IoT, connectivity, device, modul praktikum, workshop dengan pembicara expert di bidang IoT, hands-on hardware dan software, magang hingga sertifikasi guru.

Civitas pendidikan dapat memanfaatkan Lab  IoT untuk menghasilkan solusi cerdas dalam memecahkan berbagai pemasalahkan di dunia industri/masyarakat. Lab IoT ini sesuai dengan kebutuhan sekolah di era industri 4.0 yang dituntut mengikuti perkembangan industri. Karena saat ini industri dan masyarakat sedang marak menggunakan produk IoT. Seperti rumah pintar, sambungan listrik pintar, penyiram otomatis, smart water meter, dan otomasi-otomasi lainnya.

"Diharapkan, sekolah pada jenjang SMA/SMK dan perguruan tinggi lain juga dapat berkolaborasi dengan PT Telkom Indonesia untuk mempersiapkan generasi muda melalui implementasi IoT ini," tutur General Manager Telkom Witel Cirebon Ferry Zuljanna, Senin (5/9/2022).

Bagi SMA/SMK dan perguruan tinggi yang memiliki kebutuhan Laboratorium IoT dan Lab Fiber Optic, dapat menghubungi Manager Business and Enterprise Cirebon, Monica Dewi di nomor 081223168720.

Saat ini pemerintah sedang mengembangkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mendukung penerapan konsep revolusi industri 4.0 di Indonesia. Salah satu imbauan pemerintah adalah peran generasi muda khususnya jenjang SMA dan perguruan tinggi untuk mempersiapkan lebih dini terkait teknologi tersebut.

PT Telkom Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi digital (Digital Telco) telah dan akan terus membantu pemerataan kualitas digitalisasi pendidikan. Termasuk mempersiapkan siswa untuk era industri 4.0.

Telkom melalui Unit Business Service, memberikan solusi Internet of Things end to end dan berkomitmen untuk memberdayakan sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia. Khususnya di wilayah Ciayumajakuning agar menjadi sekolah yg maju dalam bidang digital.

Jenjang SMA/SMK/pergurun tinggi diharapkan menjadi bekal siswa/mahasiswa memasuki industri IoT di Indonesia. Salah satu langkah dalam revolusi industri 4.0 ini, sekolah perlu melengkapi sarana dan prasarana dengan pembangunan Laboratorium IoT.

Dengan adanya lab, pemaparan materi terkait IoT kepada siswa akan lebih mudah. Tujuannya untuk pengenalan IoT, mempelajari IoT dan kemudian mengimplementasikan IoT di lingkungan sekolah, perguruan tinggi, masyarakat , hingga industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: