Operasi Pasar Murah di Kota Cirebon, Cek Lokasinya, Ada Telur Ayam, Minyak Goreng hingga Beras

Operasi Pasar Murah di Kota Cirebon, Cek Lokasinya, Ada Telur Ayam, Minyak Goreng hingga Beras

Masyarakat membeli telur di kegiatan Operasi Pasar Murah di Kota Cirebon. Diserahkan langsung oleh Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo. Foto:-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIREBON - Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan atau GNPI terus dilakukan di sejumlah kota dengan melaksanakan Operasi Pasar Murah.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon kali ini bekerjasama dengan Bulog, PPI, dan sejumlah perbankan menggelar Operasi Pasar Murah.

Operasi pasar murah ini bertempat di Masjid Nurul Amal Perumnas digelar untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

Kegiatan oprasi pasar murah ini berlangsung selama dua hari 5 dan 6 September 2022. Setelah itu OPM akan berlanjut digelar di area PGC.

BACA JUGA:Motif Polisi Tembak Polisi Terbaru Diungkap Eks Kapolres Kuningan, Tewas di Depan Istri

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Hestu Wibowo menuturkan usai diterjang pandemi, di awal tahun 2022 ini kondisi ekonomi kembali diterpa isu global.

Dimana hal tersebut berpengaruh pada kondisi perekonomian secara domestik.

Kondisi perekonomian global turut mempengaruhi harga energi dan minyak, dan berimbas pada inflasi secara glolab juga dalam negeri.

"Dari sisi demand sudah membaik sejak bulan puasa, dimana konsumsi mulai meningkat, permasalahan saat ini ada pada supply pada beberapa komoditas yang berpengaruh pada harga di dalam negeri," jabarnya.

BACA JUGA:Aipda Karnaen Sempat Teriak, Peluru Menghantam Dada Tembus ke Punggung

Volatile food menjadi komodtas yang paling tinggi mengalami peningkatan harga. Seperti pada beberapa pangan strategis yakni cabai, bawang merah, ayam, beras, dan tepung terigu.

Oleh sebab itu, OPM digelar untuk menjaga stabilitas harga. Diharapkan harga komodtas tersebut tidak bergejolak dan bisa dikendalikan segingga bisa membantu dan melindungi masyarakat.

"Dalam pengendalian inflasi ini ada 4K yang harus diperhatikan, menjaga keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif," ungkapnya.

Sejumlah komoditi yang tersedia dalam operasi pasar murah kali ini yakni beras Rp45ribu/5kg, minyak goreng Rp14 ribu/kg, telur ayam Rp22 ribu/kg, tepung terigu Rp9500/kg, gula Rp13.500/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: