JIS Tak Dipilih PSSI Jadi Venue FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao, Begini Alasan Yunus Yusi

JIS Tak Dipilih PSSI Jadi Venue FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Curacao, Begini Alasan Yunus Yusi

Jakarta Internasional Stadium (JIS)-fajar.co.id-fajar.co.id

Radarcirebon.com, JAKARTA – Ramai-ramai pro dan kontra penggunaan Jakarta Internasional Stadium (JIS) untuk mempertandingkan laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia dengan Curacao, membuat PSSI angkat bicara.

PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia menyampaikan bahwa JIS belum layak untuk menggelar laga FIFA Matchday Timnas Indonesia.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengungkapkan bahwa JIS baru bisa dengan aman menjadi venue laga Timnas Indonesia sekitar 3-5 tahun lagi.

BACA JUGA:Kapolsek Kesambi Resmi Dipimpin oleh Iptu Rudiana SH MH

"Coba dibayangkan kalau sekian puluh ribu suporter masuk mau nonton. Itu tadi, flow-nya hanya melalui satu pintu dari akses utama untuk ke dalam.”

“Kemudian, ada beberapa pagar pembatas lantai 2 dan 3 yang Anda lihat itu tidak terlalu kuat. Itu bahaya sekali kalau ada event sepakbola, terlebih lagi timnas yang bermain,” kata Yunus Nusi, dikutip dari fin.co.id, Senin 12 September 2022.

"Melihat luapan kegembiraan dari suporter yang menggoyangkan pagar dan lain-lain dengan jumlah ribuan orang seperti itu, menurut kami belum waktunya.”

BACA JUGA:Jadi Perwakilan Jawa Barat, Kelurahan Bintara Bertekad Menjuarai Lomdeskel 2022

“Mungkin di tiga sampai lima tahun kemudian kita harapkan JIS baru bisa menjadi tempat pertandingan timnas karena kita juga berharap ada disiplin dari kawan-kawan suporter untuk menonton seperti yang diharapkan," ujarnya menambahkan.

PSSI juga sebelumnya membuat pernyataan kontroversial dengan menyebut biaya sewa JIS terlalu mahal, sehingga Timnas Indonesia tak jadi berlaga di stadion itu.

Setelah melakukan inspeksi, PSSI juga menyebut bahwa beberapa fasilitas, sarana dan prasarana JIS belum memenuhi standar FIFA untuk menggelar FIFA Matchday.

BACA JUGA:Pria Asal Cirebon Ditahan Bareskrim Polri, Ibu Rionald Soerjanto Mangkir Pemeriksaan

Alhasil, PSSI membatalkan rencana Timnas Indonesia berlaga di JIS melawan Curacao pada FIFA Matchday akhir September mendatang.

Sebagai calon gantinya, mereka menyiapkan Stadion Pakansari, Bogor, atau Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI,  Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria angkat bicara.

BACA JUGA:Dari Bojonegoro ke Belanda, BRI Dukung Healty Snack Matoh Perkuat Ekspor

Wagub DKI menegaskan, JIS sudah sangat memenuhi standar internasional. Namun, demikian masih tetap membutuhkan penyempurnaan.

"Sebetulnya JIS itu dibuat sedemikian tidak hanya bagus megah juga memenuhi standar internasional. Nanti ada beberapa yang memang harus disempurnakan, kami akan sempurnakan," katanya.

Kembali Riza menegaskan, bahwa JIS sudah sangat berstandar internasional. JIS sudah sangat megah dan kapasitas penontonnya sangat besar.

BACA JUGA:Menuju Kabupaten Cirebon Bersih dan Bebas Sampah, Merubah Sampah Jadi Berkah di Alun-alun Ciledug

"Secara umum JIS itu tidak hanya baik dan megah, tapi juga kapasitas yang besar dan memenuhi standar internasional, tapi dari PSSI ada beberapa tambahan syarat yang harus dipenuhi," tegasnya. (jun/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase