Bulu Tangkis Masuk ke Dalam DBON, Berikut Alasan Menpora

Bulu Tangkis Masuk ke Dalam DBON, Berikut Alasan Menpora

Tim bulu tangkis Indonesia di Jepang jelang Kejuaraan Dunia 2022. Foto: -PBSI-

Radarcirebon.com, JAKARTA – Sebagai cabang olahraga (cabor) yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan memiliki sejarah panjang, bulu tangkis akan masuk kedalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali terkait 'Pembinaan Cabor Bulu Tangkis' secara virtual dari Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa 20 September 2022.

Dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), bulu tangkis ditempatkan sebagai salah satu cabor unggulan.

BACA JUGA:Luas Biasa, Anggaran Sebesar Rp156,4 Triliun Disiapkan Pemerintah untuk Belanja Ini Tahun Depan

Dengan pertimbangan, Pertama, bulu tangkis ini sudah dipertandingkan di level Olimpiade dan konsisten menghasilkan medali.

 "Kedua, bulu tangkis memang olahraga yang banyak diminati oleh rakyat Indonesia. Ketiga, bulu tangkis cocok dengan fisik orang Indonesia.”

Karena itulah hasil diskusi kami dengan para pakar dan para guru besar atau profesor akhirnya kami tempatkan menjadi cabor unggulan," katanya.

BACA JUGA:Demo di Kabupaten Indramayu, Buya Syakur Yasin Minta Jaga Kondusivitas Daerah

Menurutnya, karena sudah masuk cabor unggulan, maka setiap urusan yang ada di bulu tangkis baik di pembinaan sampai dengan pengiriman ke luar negeri, pemerintah ikut menfasilitasi. "Di situlah posisi bulu tangkis di mata pemerintah," jelasnya.

"Bulu tangkis kalau disamakan dengan Brasil yang dikenal sebagai negaranya sepak bola, maka Indonesia juga dikenal sebagai negaranya bulu tangkis," katanya.

Itulah sebabnya, lanjutnya, pemerintah memandang bahwa bulu tangkis ini sebagai cabang olahraga yang harus diberi tempat karena di samping untuk sarana berolahraga masyarakat juga karena prestasinya.

BACA JUGA:Biadab! Siswa SLB di Susukan Cirebon Dianiaya Siswa SMA

"Banyak atlet bulu tangkis Indonesia yang main di level dunia, baik di All England, Thomas Cup dan series-series yang lainnya.”

“Bahkan untuk multieven seperti Olimpiade, Asian Games dan SEA Games atlet Indonesia selalu menghasilkan medali," pungkasnya. (jun/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase