Update Kebakaran Gunung Ciremai, Api Berhasil Dipadamkan, Luas Area yang Terbakar Masih Didata

Update Kebakaran Gunung Ciremai, Api Berhasil Dipadamkan, Luas Area yang Terbakar Masih Didata

Update Kebakaran Gunung Ciremai, Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. -BTNGC-Radarcirebon.com

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Kebakaran yang melanda Gunung Ciremai di Blok Cileutik, Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, berhasil dipadamkan. 

Kendati demikian, belum diketahui luas are yang terbakar dan masih dalam pendataan. Menurut informasi Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, meluas hingga 19 M.

Area yang mengalami kebakaran adalah Grid 18N, 18M, 19N dan 19M, SPTN Wilayah I Gunung Ciremai. Tetapi untuk luas area, hari ini Senin, 26, September 2022, akan dilakukan pendataan. 

"Belum bisa dipastikan luas area yang mengalami kebakaran. Untuk luasan titik api akan dilakukan pengukuran," kata Kepala BTNGC, Teguh Setiawan, kepada radarcirebon.com, lewat siaran pers tertulis.

BACA JUGA:Pria Indramayu Ditahan, Pengirim Paket ke Asrama Polisi Sukoharjo Penyebab Ledakan

BACA JUGA:5 Fakta Mengesankan Persija di Liga 1 Musim Ini, Simak Sebelum Lawan Persib

Kebakaran yang terjadi sejak Minggu, 25, September 2022 siang hari dapat dipadamkan pada malam hari sekitar pukul 19.30 WIB. Petugas gabungan kemudian melakukan penyisiran.

Tujuannya adalah mencari titik api lainnya, yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Kemudian melakukan pemadaman dan pencegahan agar tidak kembali meluas.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Ciremai kembali terbakar untuk kedua kalinya di bulan September ini.

Api terpantau di seputaran wilayah administrasi Desa Pasawahan, sekitar pukul 14.00 WIB. Petugas mendapat laporan dari mitra masyarakat MPA (Masyarakat Peduli Api) yang menyampaikan adanya asap yang terlihat di sekitar Pasawahan.

BACA JUGA:Ditangkap di Indramayu, Pria Diduga Pengirim Paket Kardus Ledakan Asrama Polisi Sukoharjo

BACA JUGA:Tengok Persiapan Persija Jelang Bertemu Persib, Krmencik Mengeluh, Begini...

“Positif, A1 titik api  ada di kawasan TN Gunung Ciremai, tepatnya di Jalan Maling, Blok Cileutik, Pasawahan," ucap Eddi Syukur (MPA) dan Idin, Pengendali Ekoosistim Hutan (PEH) yang melakukan cek langsung ke lapangan.

Api cepat sekali berkobar dan pukul 14.50 mulai meluas, karena mayoritas tutupan lahan berupa semak belukar kering dan tiupan angin yang kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: