Pimpin MSP Lagi, Bambang: Hidup Matinya Bangsa Tergantung Pangan

Pimpin MSP Lagi, Bambang: Hidup Matinya Bangsa Tergantung Pangan

FORANAS MSP II: Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDIP Bambang Mujiarto ST terpilih kembali sebagai Ketua Umum DPP Mari Sejahterakan Petani (MSP) dalama cara Foranas II yang digelar di Cirebon, kemarin--

Radarcirebon.com, CIREBON-Bambang Mujiarto ST terpilih kembali menjadi Ketua Umum DPP Mari Sejahterahkan Petani (MSP).
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari dapil Cirebon-Indramayu itu akan memimpin organisasi petani nasional tersebut untuk kali keduanya.

Bambang akan menggawangi organisasi para petani di Indonesia untuk 5 tahun mendatang atau dari periode 2021-2026. Ya, sejatinya, Forum Anggota Nasional (Foranas) II MSP tersebut digelar di 2021, namun saat itu terkendala Covid-19.

Dalam sambutannya, Bambang menyebut, petani menjadi salah satu garda terdepan dalam menggalang kedaulatan pangan di  Indonesia.

BACA JUGA:Pertama di Kabupaten Cirebon, Ada Ciu Rasa Buah, Melon hingga Leci

Oleh karenanya, MSP akan berjuang menjaga eksistensi petani dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan pemuliaan benih padi MSP yang secara produktivitas lebih baik dan tahan cuaca dari benih padi impor.

Ditegaskannya, persoalan pangan menjadi salah satu fokus dunia tidak hanya Indonesia sehingga semua pihak tidak hanya pemerintah harus mulai konsen dan fokus untuk memastikan Indonesia berdaulat pangan.

“MSP lahir di tahun 2016, usianya memang masih seumur jagung, kami melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para petani terkait situasi pangan nasional dan dunia,” ujarnya.

Diterangkannya, beberapa komoditas penting pangan masih bergantung pada luar negeri. Ia mencontohkan kedelai yang kini sangat bergantung pada impor dan beberapa komoditas lainnya pun masih bergantung pada luar negeri.

BACA JUGA:Jangan Nekat Bawa Mobil Menerjang Banjir, Jika Tidak Ingin Jadi Seperti Ini

“Situasi Covid kemarin kita bisa bertahan dengan baik, di tengah pemberlakuan pengetatan dari luar negeri kita bisa survive, ini tentu harus jadi titik balik bahwa kita mampu berdaulat pangan,” imbuhnya.

Indonesia, kata Bambang, punya sunber daya alam yang kaya, tanahnya subur dan iklimnya juga sangat cocok untuk pertanian. Ia yakin jika potensi tersebut dikelola dengan baik maka Indonesia akan menjadi negara adidaya dibidang pertanian.

“MSP akan berupaya membuat terobosan, membuat formula pangan nasional, bekerjasama dengan pemerintah untuk menyiapkan roadmap pangan nasional,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Bambang, hidup matinya sebuah bangsa tergantung pangan. Oleh karena itu, kedaulatan pangan menjadi elemen penting menjaga keberlangsungan sebuah bangsa.

BACA JUGA:Natasha Wilona Dikelilingi Tiga Cowok, Pamerkan Hal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: