15 Sekolah di Kabupaten Cirebon Mendapat Anugerah Adiwiyata

15 Sekolah di Kabupaten Cirebon  Mendapat Anugerah Adiwiyata

ANUGERAH ADIWIYATA: Kepala DLH Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan SSos MSi bersama Kadisdik H Ronianto SPd MM didampingi Kabid Peningaktan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan Yayan Sunarya SH memberikan Anugerah Sekolah Adiwiyata kepada 15 sekolah di -Andri Wiguna-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON- Sebanyak 15 sekolah dari berbagai jenjang di Kabupaten Cirebon dianugerahi gelar sebagai Sekolah Adiwiyata tahun 2022 oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon.

Kepala DLH Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan didampingi Kabid Peningaktan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan DLH Kabupaten Cirebon Yayan Sunarya SH mengatakan, pelaksanaan penganugerahaan tersebut merupakan puncak dari tahapan yang sudah dilakukan oleh tim dari DLH.

“Sebelumnya ada tahapan sosialisasi, ini untuk semua sekolah. Dari mulai SD, SMP, hingga tingkat SMP, termasuk sekolah dibawah Kemenag. Kita sampaikan sosialisasi dan sekolah bisa mengusulkan untuk bisa mengikuti ketahap berikutnya,” ujarnya.

Setelah usulan masuk, selanjutnya diberikan kuisioner yang harus dilengkapi untuk kelengkapan administrasi. Setelah persoalan adminiatrasi selesai dilakukan verifikasi lapangan dimana dari hasil verifikasi itu ada 15 sekolah yang dinyatakan lengkap secara administrasi.

BACA JUGA:Pelajar SMK Kabupaten Cirebon Bawa Celurit ke Sekolah, Begini Endingnya

“Saat administrasi lengkap, kita lanjut verlap, kita lihat kondisi dilapangan, ada beberapa item yang kita nilai dari mulai cara pengelolaan sanpah, kondisi taman, WC dan lain-lainnya,” imbuhnya.

Diterangkannya, saat ini merupakan fase puncak dari tahapan penganugerahan Sekolah Adiwiyata dimana diberikan apresiasi dan penghargaan dengan mengundang sekolah-sekolah yang menurut penilaian tim masuk dalam kriteria Sekolah Adiwiyata.

Lebih jauh, Iwan menyebutkan, DLH akan menjalin kerja sama dengan banyak pihak sehingga usulan atau jumlah sekolah yang menjadi Sekolah Adiwiyata semakin banyak tiap tahunnya di Kabupaten Cirebon.

“Kita akan agendakan agar terbangun kerja sama dengan semua elemen dari mulai Disdik, KCD X, dan Kemenag. Selain itu karena kegiatan Adiwiyata ini tidak tecover BOS maka akan diupayakan dengan melibatkan perusahaan-perusahaan agar bisa membantu mewujudkan sekolah Adiwiyata melalui CSR,” jelasnya.

BACA JUGA:Direktur Utama BRI Sunarso Mendapatkan Penghargaan Internasional The Best ‘SME Banker of The Year’

Ia berharap, dengan adanya anugerah Sekolah Adiwiyata ini, kedepannya mampu menjadi daya dorong bagi sekolah-sekolah lain untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, mampu menanamkan nilai-nilai untuk kesadaran menata dan menjaga lingkungan bagi generasi penerus.

Sementara itu, Kepala Disdik Kabupaten Cirebon, H Ronianto menyampaikan, dengan diraihnya anugerah Sekolah Adiwiyata tersebut, diharapkan dapat memacu sekolah untuk membuat lingkungan sekolah nyaman. Baik bagi siswa, guru maupun semua warga di lingkungan sekolah.

“Mudah-mudahan dapat memacu sekolah-sekolah lain untuk terus menjadi Sekolah Adiwiyata yang baru. Sehingga semakin banyak di Kabupaten Cirebon yang menjadi Sekolah Adiwiyata baik tingkat Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, maupun nasional,” katanya.

BACA JUGA:Febri Diansyah Eks KPK Jadi Pegacara Putri Candrawathi: Saya Paham, Ada yang Setuju, Ada yang Tidak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: