Vaksinasi Rabies Cegah Kematian Manusia

Vaksinasi Rabies Cegah Kematian Manusia

HARI RABIES: Kepala DKP3 Yati Rohayati foto bersama dalam kegiatan vaksinasi Hari Rabies Sedunia, Rabu (28/9). Target tahun ini 1.500 vaksinasi rabies.--

Radarcirebon.com, CIREBON - Gigitan kucing, anjing, monyet, dapat menyebabkan kematian manusia. Setiap tahun, 60 ribu manusia meninggal karena gigitan hewan rabies. Karena itu, vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan, menjadi satu hal penting yang harus dilakukan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Cirebon Ir Hj Yati Rohayati mengatakan, 28 September Hari Rabies Sedunia. Hal ini, momentum meminimalisir kematian manusia, akibat gigitan hewan rabies bersifat zoonosis. Menular dari hewan ke manusia. “60 ribu manusia meninggal setiap tahun karena rabies,” terangnya.

Untuk Jawa Barat, belum bebas rabies. Sedangkan Kota Cirebon, sudah bebas. Meskipun demikian, kata Yati Rohayati, kewaspadaan harus terus dilakukan. Untuk itu, DKP3 menggelar vaksinasi rabies untuk umum dan gratis. Karena vaksinasi rabies, satu-satunya upaya menekan penularan penyakit yang menyerang syaraf otak itu.

BACA JUGA:Dorong Pelaku Usaha Bangkit, Dirut BRI Sunarso Dinobatkan Sebagai Tokoh Pembiayaan dan Pemberdayaan UMKM

Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan DKP3 Kota Cirebon Ir Iin Inayati menjelaskan, kucing, anjing, monyet, dan musang, hewan-hewan pembawa rabies. Dengan vaksinasi, meminimalisir penyakit tersebut. “Memperingati Hari Rabies Sedunia, kami berhasil memvaksin 114 kucing dan anjing,” ujarnya.

Tahun 2022 ini, DKP3 menargetkan 1.500 vaksinasi rabies. Sampai saat ini, sudah tercapai 800 vaksinasi. Populasi kucing di Kota Cirebon ada 1.200 ekor. Anjing ada 300 ekor. Jumlah itu yang terdaftar. DKP3 memiliki 120 kader peternakan dan kesehatan hewan di seluruh Kota Cirebon. Para kader, kata Iin, memobilisasi masyarakat untuk vaksinasi dan pengobatan hewan peliharaan maupun ternak. (ysf)

BACA JUGA:PSGJ vs Pesik Kuningan Nanti Sore, Simak Kata-kata Manajer Laskar Wali Bangkit, Sangat Yakin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: