182 Catar Masuk AKMI Suaka Bahari Cirebon

182 Catar Masuk AKMI Suaka Bahari Cirebon

ResMi: sebanyak 182 catar resmi memasuki aKMi suaka Bahari-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

Radaricirebon.com, CIREBON - Sebanyak 182 calon taruna/taruni (catar) Tahun Akademik 2022/2023 resmi memasuki Asrama Akademi Maritim (AKMI) Suaka Bahari Cirebon, Sabtu (1/10). Mereka yang masuk AKMI Suaka Bahari telah berhasil melalui sejumlah tahapan tes penerimaan taruna/taruni AKMI Suaka Bahari untuk angkatan XXXVI hingga dinyatakan lolos.

Saat akan memasuki kampus, tak sedikit para catar diantar oleh orang tua dan keluarga masing-masing. Mereka kemudian dikumpulkan di tengah lapangan untuk mengikuti sejumlah arahan. Baru setelah itu, mereka masuk ke asrama untuk menempati kamar masing-masing.

Pembantu Direktur I AKMI Suaka Bahari Cirebon, Septo Hindianthoro SSos MAP mengatakan, secara umum calon taruna AKMI Suaka Bahari tahun ini datang dari seluruh Indonesia. Mereka berasal bukan hanya dari wilayah Jawa Barat, tetapi berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, NTT, Papua dan lainnya. Dari 182 catar tersebut, mereka kemudian menjadi 8 kelas.

“8 kelas ini terdiri dari Jurusan Nautika sebanyak 4 kelas, Teknika 2 kelas dan Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan (KPNK) 2 kelas,” ungkapnya.

BACA JUGA:Nasdem Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024, Bakal Langsung Tancap Gas

Menurut Septo, catar tahun ini mengalami peningkatan sekitar 40 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Pada tahun lalu, ada sekitar 120 catar, dan tahun ini sebanyak 182 catar. Hal itu, kata Septo menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk meningkatkan anaknya di AKMI Suaka Bahari Cirebon cukup meningkat pesat. Terlebih setelah kondisi pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan peningkatan calon taruna, merupakan berakhirnya pandemi Covid-19. Karena, animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di AKMI Suaka Bahari Cirebon cukup tinggi,” ungkapnya.

Berdasarkan kalender akademik di AKMI Suaka Bahari Cirebon, tambah Septo, penerimaan catar ini ditandai dengan penyerahan orang tua kepada AKMI Suaka Bahari Cirebon. Setelah itu, besok dan seterusnya melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah dijadwalkan terutama yang berkaitan dengan perkuliahan.

BACA JUGA:Prostitusi Anak di Kedawung Dibongkar Polres Cirebon Kota, Muncikari Ditangkap

“Setelah ini perkuliahan sudah langsung dimulai, lalu kegiatan pembinaan pembentukan karakter. Sehingga dengan demikian, karena sudah di asrama kegiatannya akan full,” jelasnya.

Pihaknya berharap, catar yang mengikuti perkuliahan di AKMI Suaka Bahari dapat berhasil sukses selama tiga tahun ke depan dan sesuai kurikulum. Setelah itu, akan diarahkan kepada tujuan akhir daripada pendidikan di AKMI ini sebagai tenaga-tenaga profesional di bidang kemaritiman.

BACA JUGA:Said Abdullah Desak PSSI dan Kemenpora Undang FIFA Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: