Bagaimana Peluang Anies Baswedan di Jawa Barat? Ini Kata Pengamat

Bagaimana Peluang Anies Baswedan di Jawa Barat? Ini Kata Pengamat

Anies Baswedan diusung Partai Nasdem sebagai capres. Foto:-@aniebaswedan-Instagram

Radarcirebon.com, BANDUNG -Bagaimana peluang Anies Baswedan di Jawa Barat setelah resmi diumumkan sebagai calon presiden oleh Partai Nasdem?

Partai Nasdem buru-buru merangkul Anies Baswedan, mengumumkannya sebagai calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Anies Baswedan memang salah satu tokoh politik yang sudah populer dan banyak dibcarakan sebagai calon presiden yang potensial.

Namun, bagaimana peluang Anies Baswedan di Jawa Barat? Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia.

BACA JUGA:Tiara Kartika Disebut Anak Kunti, Gadis Cantik yang Ditemukan Seorang Nenek 11 Tahun Lalu di Hutan

Sementara itu, di provinsi ini, tokoh yang memiliki rating tertinggi sebagai presiden masa depan Indonesia adalah Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil.

Sementara itu, popularitas Anies Baswedan di Jawa Barat, mayoritas datang dari pinggiran kota metropolitan, seperti Depok, Bekasi, dan Bogor.

Nah, untuk mengukur bagaimana peluang Anies Baswedandi Jawa Barat, Pengamat Politik Unpad Firman Manan membenarkan bahwa popularitas Anies Baswedan terutama memang berada di wilayah pinggiran Jakarta.

Menurutnya dia, selama ini dukungan terhadap Anies di Jabar banyak datang dari wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta.

BACA JUGA:Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dinonaktifkan, Pernah Bikin Lomba Yel Aremania Se-Jagad Raya

“Kalau lihat dukungan terhadap Anies di Jabar yang banyak itu di daerah megapolitan seperti Bogor, Depok, dan Bekasi. Wajar karena itu adalah daerah perbatasan dengan Jakarta, jadi tentu banyak yang mengenal beliau,” kata Firman dilansir dari JPNN.

Firman juga meyakini, posisi partai pengusung Anies juga akan iktu memengaruhi. Dia mengatakan bahwa, dukungan masyarakat Jabar terhadap Nasdem tidak terlalu signifikan.

“Sehingga memang yang perlu dilihat itu, bagaimana satu panggung yang disediakan Nasdem, bisa memperluas basis dukungan buat Nasdem di Jabar,” tuturnya.

Menurut Firman, momentum ini bisa dimanfaatkan Anies untuk mencuri start lebih awal dalam memperkenalkan diri kepada masyarakat sebagai bakal calon Presiden 2024 yang diusung Nasdem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com