Winter is Coming, Semua Harus Bersiap Hadapi Kemungkinan Resesi

Winter is Coming, Semua Harus Bersiap Hadapi Kemungkinan Resesi

Kepala OJK Cirebon, Fredly Nasution saat berada di Graha Pena Radar Cirebon.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIREBON - Winter is Coming, diungkapkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu untuk menggambarkan ketidakpastian dan keterlambatan ekonomi dunia saat ini.

Perang dagang semakin marak dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang, negara-negara yang tengah tumbuh sedang mengalami tekanan pasar yang besar.

Bahkan beberapa negara lain tengah mengalami resesi ekonomi. Melihat hal tersebut, Kepala Otortitas Jasa Keuangan (OJK) turut menghimbau semua stakeholder untuk selalu bersiap hadapi kondisi ini. 

BACA JUGA:Luka-luka Bos Indomaret di Bagian Ini Sebelum Meninggal Dunia Tertabrak Truk di BSD

Kepala OJK Cirebon, Fredly Nasution menuturkan siapapun harus selalu siap akan kemungkinan terjadinya perekonomian yang sulit ini. Industri jasa keuangan tentunya harus siap menghadapi kondisi ini.

"Winter is coming, industri jasa keuangan harus siap menghadapi ini," jelasnya.

Menuturnya bukan tidak mungkin jika di tahun mendatang kembali terjadi adanya pemotongan gaji hingga karyawan yang dirumahkan.

BACA JUGA:Bos Indomaret Meninggal Dunia Tertabrak Truk Saat Bersepeda di Tangerang

Tentunya dalam situasi ini, industri jasa keuangan dan sektor lainnya harus bisa mengatur keuangan. Salah satunya melalui jasa asuransi.

"Berinvestasi bisa mengatur keuangan, agar saat terjadi perekonomian yang sulit, setidaknya masih memiliki bantalan dan tabungan yang bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan," tukasnya. 

Meski saat ini pertumbuhan industri jasa keuangan di Cirebon masih baik, namun pihaknya selalu mewaspadai dan melihat kebutuhan likuiditas agar tetap terjaga.

BACA JUGA:Baim Wong dan Paula Verhoeven Akan Diperiksa Polisi Besok, Buntut Kasus Prank KDRT

Pemerintah juga dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk di tahun mendatang sudah melakukan berbagai kesiapan.

Salah satunya melalui Rancangan Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU P2SK) yang saat ini sedang disiapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase