Alhamdulillah! Kemendikburistek Bantu PKM Zero Waste Management dan Home Gardening dan Nelayan Mertasinga

Alhamdulillah! Kemendikburistek Bantu PKM Zero Waste Management dan Home Gardening dan Nelayan Mertasinga

PKM Zero Waste Management dan Home Gardening digelar UGJ Cirebon Bersama Ibu ibu rumah tangga Warga Nelayan Mertasinga.-Abdullah -Radar Cirebon

Radarcirebon.com, CIREBON - Tiga orang dosen Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon berhasil mendapatkan hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kemdikbudristek 2022. 

Ketiga dosen tersebut adalah, Linda SPd MHum (Ketua PKM), Dr Jaufillaili SPd MHum (Anggota) dan Sunimah SE MM (Anggota). 

Proposal yang berjudul ‘Zero Waste Management, Home Gardening dan Pengolahan Sampah Menjadi Produk Sebaguna di Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga Pemukiman Nelayan Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon ini berhasil lolos seleksi dan didanai oleh Kemdikbudristek.

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan Tidak hanya 6 Tersangka, Kapolri: Kemungkinan Ada Penambahan

Ketua Tim, Linda SPd MHum didampingi Jaufillaili dan Sunimah menjelaskan, Program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang Zero Waste Management (pengelolaan minim sampah) dan Home Gardening (berkebun dirumah). 

Kedua Kegiatan tersebut, lanjut Linda, memiliki keterkaitan satu sama lain untuk membentuk pola hidup berkesinambungan (sustainable living) minim sampah yang sangat berkontribusi terhadap kesehatan, lingkungan, bahkan terhadap perubahan iklim (climate change) yang saat ini dirasakan cukup mengkhawatirkan. 

"PKM ini juga berfokus pada green economy yang dikerjakan pada skala rumah tangga yang dapat memberikan nilai ekonomis serta meningkatkan mobilitas ibu-ibu rumah tangga melalui kegiatan produktif," kata Linda.

BACA JUGA:Resmi Diumumkan, Inilah Nama-nama Tersangka Tragedi Kanjuruhan Malang

Sejauh ini, masih kata Linda, tim PKM pada program tersebut telah melakukan sosialisasi, Praktik/Demonstrasi serta Pendampingan Mitra (coaching clinic). 

Sosialisai tim PKM menghasilkan pemahaman kepada pihak mitra mengenai jenis-jenis sampah rumah tangga dan pentingnya pelestarian air yang berdampak pada lingkungan. 

"hasil dari praktil/demonstrasi tim PKM menghasilkan feedback berupa antusiasme tim mitra untuk mencoba mengaplikasikan apa yang telah mereka dapat di lingkungan rumah mereka masing-masing," bebernya. 

BACA JUGA:Ridwan Kamil Pamerkan Prototipe Motor Listrik Rancangannya di WJIS 2022

Sedangkan hasil coaching clinic, kata Linda, berupa implementasi nyata dari mitra dalam penerapan zero waste management dan home gardening di lingkungan rumah mereka masing-masing. 

Dan Ketiga tahapan kegiatan tersebut berjalan lancar. Linda menjelaskan, sebagai mitra, kurang lebih sebanyak 20 orang ibu-ibu rumah tangga di Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati Cirebon rutin mendapatkan pelatihan pengelolaan minim sampah (zero waste management) serta berkebun di rumah (home gardening) setiap sepekan sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase