Pelal Muludan Panjang Jimat Cirebon 2022 Malam Ini, Berikut Rangkaian Agenda dan Prosesi

Pelal Muludan Panjang Jimat Cirebon 2022 Malam Ini, Berikut Rangkaian Agenda dan Prosesi

Patih Keraton Kanoman Cirebon, Patih M Qodiran memimpin Ritual Cuci Gong Sekati, malam ini akan dilaksanakan proses Pelal Ageng Panjang Jimat Muludan pada Sabtu malam, 8, Oktober 2022.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Pelal muludan atau ritual Panjang Jimat di Cirebon akan dimulai dengan beragam prosesi sejak pagi hingga malam hari ini, Sabtu, 8, Oktober 2022.

Pelal muludan atau panjang jimat di Cirebon akan berlangsung sekitar pukul 21.00 WIB, Sabtu pahing malam Ahad Pon 2022.

Salah satunya di Keraton Kanoman Cirebon, di mana prosesi panjang jimat atau pelal muludan sudah berlangsung sejak pagi ini, 8, Oktober 2022.

Dilansir dari jadwal yang dirilis Keraton Kanoman Cirebon, prosesi dimulai pada 11 MurwalPatma (mulud), Sabtu Pahing pukul 09.00 dengan Nyiram Panjang dan Nyisir Ageng.

BACA JUGA:Pelal Muludan Cirebon, Kisah Mistis Tamu Gaib dari Gunung Kromong Palimanan

BACA JUGA:5 PR Penting Indonesia dari FIFA Usai Tragedi Kanjuruhan

Dilanjutkan dengan saji buah pukul 10.00 WIB. Agenda diikuti dengan Panjang Mios atau Lamaran pada pukul 16.00 WIB atau sore hari ini.

Sedangkan panjang jimat akan berlangsung pada 12 MuwalPatma (Mulud), Oktober Sabtu Pahing Malam Ahad Pon sekitar pukul 21.00 WIB untuk Pelal Ageng Panjang Jimat.

Kendati demikian, prosesi tidak berhenti di situ. Tetapi dilanjutkan pada 12 MuwalPatMa, 9, Oktober 2022 atau Ahad Pon dengan Saji Nasi dan Saji Buah pukul 14.00 WIB.

Kemudian diikuti dengan Buang Takir pada 13, MuwalPatma, 9, Oktober 20220 Senin Wage pukul 17.00 WIB dan 15 MuwaPatma 12, Oktober Rabu Legi dengan tumpengan pukul 06.00 WIB.

BACA JUGA:Harga BBM Pertamina Dex Hari Ini Seluruh Indonesia, Paling Murah Rp18.100 per Liter di Tempat Ini

BACA JUGA:Tempat Wisata Menarik di Cirebon, Cocok Banget Berlibur Bersama Keluarga

Seperti diketahui, siklus Kalender Aboge Keraton Kanoman permulaan harinya dimulai setelah ashar. Sehingga setiap setelah ashar telah berganti hari berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: