KPU Gelar Rakor Verfak Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

KPU Gelar Rakor Verfak Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Partai Gelora Kota Cirebon mengikuti rakor verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik calon peserta pemilu 2024 digelar, Jumat (14/10) di Hotel Cordela.-Abdullah-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON- -Satu hari menjelang pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan parpol dan keanggotaan parpol calon peserta pemilu 2024, Jumat (14/10) Komisi Pemilihan Umum (KPU)  kota Cirebon menjelang rapat koordinasi dengan parpol non parlemen dan parpol baru.

Acara digelar di Hotel Cordela diikuti beberapa partai politik. Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Endun Abdul Haq menjelaskan, verifikasi faktual nantinya untuk membuktikan keabsahan kebenaran dilapangan, yang diinput dalam sipol dibuktikan dilapangan melalui verifikasi  faktual.

Verfak, lanjut Endun,  ada dua verifikasi, yakni verifikasi faktual  kepengurusan termasuk 30 persen perempuan, kemudian verifikasi keanggotaan parpol yang dilakukan  secar door to door.

"Verfak akan digelar mulai tanggal  15 Oktober sampai 4 November 2022 dan paling utama itu," ujar Endun. Parpol mana saja yang akan di verfak, Endun enggan membeberkan dengan alasan menunggu keputusan dari KPU RI.

BACA JUGA:Lingkungan Lebih Hijau & Malah Jadi Cuan, Nasabah Ungkap Manfaat ‘BRI Menanam’

"Yang di verfak (parpol) kita masih menunggu dari KPU RI," tegasnya. Selam verfak, lanjut Endun, KPU akan berkunjung ke kantor parpol dan verfak keanggotaan parpol maka KPU turun door to door, dan saat ini  masing menunggu KPU RI parpol mana saja yang akan di verfak. Ketua KPU Kota Cirebon, DR Didi Nursidi SH MH menjelaskan, verfak akan dilaksanakan mulai besok (Sabtu) 15 Oktober.

Verfak parpol yang dimulai besok (Sabtu) adalah verifikasi kepengurusan parpol,  domisili kantor, kemudian verfak keanggotaan parpol. Sebagai bentuk kesiapan KPU, lanjut Didi, KPU sudah menyiapkan 5 tim. Dan satu tim ada 4 orang, ditambah satu orang dari bawaslu. "Jumlah parpol yang di verfak masih menunggu dari KPU RI melalui sipol," terangnya.

Pihaknya berharap Mudah mudahan sebelum sore sudah ada jumlah parpol yang akan di verfak. "Satu tim minimal 4 orang ditambah bawaslu," tandasnya. Didi menegaslan, Verfak harus bertahap mulai dari kepengurusan, setelah itu terhadap anggota parpol secara door to door.

Bagi anggota parpol yang tidak  bisa door to door maka kita inventarisir. ketika opsi pertama tidak  bisa,  maka ada opsi dikumpulkan. Bahkan Anggaran sudah disiapkan, ada tidak  ada anggaran tahapan verfak harus dilaksanakan. "Prinsipnya lakukan itu (Verfak), soal itu (anggaran) soal lain," pungkasnya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kapolda Jatim Dikabarkan Ditangkap Terkait Narkoba

Sementara itu mengacu surat KPU RI yang ditandatangani Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari tertanggal 14 Oktober 2022 dengan nomor surat 9/PL.01.1-PU/05/2022 tentang pengumuman hasil verifikasi administrasi ada 18 partai politik calon peserra pemilu DPR dan DPRD  tahun 2024.

18 parpol tersebut dinyatakan memenuhi syarat berdasarkan hasil verifikasi administrasi adalah, PDI Perjuangan, PKS, partai perindo, partai Nasdem, partai Bulan bintang, Partai Kebangkitan Nusantara, partai garda perubahan Indonesia, partai Demokrat, partai Gelora, Partai Hanura, partai Gerindra, PKB, PSI, PAN, Partai Golkar, PPP, Partai Buruh dan Partai Ummat.

BACA JUGA:Ditanya Seandainya Jodoh dengan Ariel NOAH, Begini Jawaban Luna Maya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: