SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon Menggelar Pameran P5 Kelas VII

SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon Menggelar Pameran P5 Kelas VII

CINTA BATIK: Waka Kemuridan SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon, Sulistiawati SPd PKN membuka pameran projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) siswa kelas VII di Halaman Kampus SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.-Abdullah-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON- Dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai Pancasila, SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon, akhir pekan kemarin menggelar pameran projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) kelas VII.

Acara yang bertajuk “Mencintai dan Melestarikan Earifan Budaya Lokal Batik Cirebon” dan dipusatkan di Lapangan SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon itu terlihat meriah dan disambut antusias siswa.

Waka Kemuridan SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon, Sulistiawati SPd PKN saat membuka pameran berpesan kepada siswa untuk tidak berhenti mencintai budaya batik, khususnya batik Cirebon.

Dikatakan Sulistiawati, Kegiatan P5 yang berlangsung sejak Juli-Oktober ini harus bisa menjadi momentum awal kecintaan dan kebanggaan murid-murid dalam menggunakan dan melestarikan batik. “SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon ingin melestarikan batik sebagai khas budaya Indonesia,” terangnya.

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Polresta Cirebon Oktober 2022, Ada di Bobos sampai Mertapada Wetan

Koordinator P5 kelas VII, Dadang Hamdan SPd mengatakan, kegiatan P5 dilaksanakan setiap hari Jumat. Menurut Dadang, setiap hari Jumat kegiatan tiap kelas dibimbing dan didampingi oleh wali kelas dan guru pendamping.
“Setiap minggu murid melakukan kegiatan yang beragam seputar budaya dan batik nasional yang akhirnya difokuskan pada batik Cirebon, tujuannya untuk menambah wawasan batik Cirebon,” ujar Dadang.

Dadang membeberkan, tanggal 16 September 2022 seluruh murid kelas VII melaksanakan kunjungan ke batik Trusmi. Di kompleks batik Trusmi, lanjutnya, murid-murid memperoleh penjelasan tentang sejarah batik.

Selanjutnya mengunjungi area True Park Batik Trusmi dan diakhiri dengan melakukan langsung pembuatan batik. “Setiap siswa mengalami langsung pembuatan batik dengan penuh antusias,” tandasnya.

BACA JUGA:Kebocoran Tabung Gas di Desa Mulyasari Cirebon, Korban Belasan Pengobeng Hajatan, Begini Keterangan Saksi Mata

Dadang menambahkan, dari hasil field trip ke batik Trusmi, selanjutnya dipresentasikan di kelas dan dipamerkan dalam kegiatan pameran pada tanggal 15 Oktober 2022 di Lapangan Kampus SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon.

“Seluruh murid dan orang tua dapat menyaksikan langsung wujud kecintaan dan karya membatik murid-murid sebagai wujud apresiasi dan kebanggaan terhadap proses pendidikan dan penguatan karakter mencintai batik khususnya batik Cirebon,” pungkasnya.

BACA JUGA:Link Siaran Langsung Sidang Ferdy Sambo Hari Ini, Putri Candrawathi Masih Trauma dan Depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: