Jawa Barat Jajaki Kerja Sama dengan Inggris di Sektor Pendidikan, Hadirkan Kampus Kelas Dunia.

Jawa Barat Jajaki Kerja Sama dengan Inggris di Sektor Pendidikan, Hadirkan Kampus Kelas Dunia.

Ridwan Kamil--

Radarcirebon.com, BANDUNG - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Inggris di sektor pendidikan. 

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins di Hotel Pullman Kota Bandung, Selasa 18 Oktober 2022.

Menurut Ridwan Kamil, hal ini bertujuan untuk menyiapkan Sumber Data Manusia (SDM) yang produktif dalam menghadapi tantangan global di 2045. 

BACA JUGA:Presiden FIFA ke Indonesia, Bertemu dengan Presiden Jokowi, Tidak Ada Ketua PSSI

Direncanakan dalam kerja sama tersebut akan lahir sebuah universitas di Jawa Barat dengan semua kurikulum pendidikannya sama dengan Universitas Lancaster di Inggris.  

"Ini dalam rangka persiapan Jawa Barat menyiapkan sumber daya manusia yang siap dengan persaingan global menuju 2045," kata Ridwan Kamil. 

"Nama universitasnya kalau dari Inggris Lancester join program dengan Universitas Deakin di Australia ," sambung Kang Emil, sapaan akrabnya. 

BACA JUGA:Kecelakaan Lagi di Tol Kanci Pejagan, Bus AKAP Tabrak Tronton, 3 Orang Meninggal

Harapannya, universitas tersebut disambut dengan baik oleh masyarakat Jawa Barat. 

Apalagi tujuannya sangat jelas dan tepat sasaran, yaitu menghasilkan SDM yang memiliki wawasan global. 

"Mudah-mudahan dalam hitungan bulan pengumuman hadirnya universitas asal Inggris ini bisa disambut baik, sehingga SDM Jawa Barat mempunyai pilihan yang sifatnya global," imbuhnya. 

BACA JUGA:5 Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Terendam Banjir, Awas Water Hammer

Sementara itu, Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengemukakan, pemerintah Inggris menyambut baik kolaborasi dengan Pemda Provinsi Jabar, khususnya di dunia pendidikan.  

"Pemerintah Inggris sangat mengapresiasi kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, seperti yang sudah disebut Pak Gubernur, ada beberapa kerja sama antara Inggris-Jawa Barat. Inggris sangat fokus kepada pendidikan dengan menghadirkan pendidikan kelas dunia," ucap Owen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase