SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Gelar Field Trip Lintas Mapel

SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Gelar Field Trip Lintas Mapel

FIELD TRIP: Dalam rangka menumbuhkan semangat belajar, SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon menggelar Field Trip Outdoor Study di Wisata Bahari Pantai Kejawanan, Selasa (25/10).-Abdullah-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Dalam rangka menumbuhkan semangat belajar, SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon menggelar Field Trip Lintas Mapel (Mata Pelajaran) Outdoor Study. Acara digelar Selasa (25/10) di Wisata Bahari Pantai Kejawanan Cirebon.

Waka Kurikulum, Siti Hamidah MPd menjelaskan, field trip ini salah satu program pembelajaran kepada siswa di lingkungan outdoor. Tujuannya, memperkenalkan kepada anak-anak tentang belajar pada lingkungan sekitar, atau pembelajaran secara nyata. Anak bisa melihat langsung lingkungan sekitarnya. “Dari sisi psikologis bisa untuk refreshing. Anak-anak menjadi tahu dan bisa dikaitkan dengan maple,” ucapnya.

Selama field trip di Pelabuhan Kejawanan, kata Hamidah, siswa-siswi dibekali lembar kerja. Setiap kelas lembar kerjanya berbeda. "Isi lembar kerjanya lebih mengkaitkan dari bab-bab pelajaran, dikaitkan dengan kondisi di sini (pantai). Bisa dikaitkan dengan nilai-nilai Alquran, IPA, dan IPS. Kawasan mangrove bisa dikaitkan dengan IPA. Area wisata dikaitkan dengan IPS," tandasnya. Siswa-siswi yang mengikuti field trip, kata Hamidah, dari 267, yang ikut sebanyak 260.

Sementara itu, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan Cirebon, Sarwono mengatakan, sebenarnya, dari sisi pelaksanaan edukasi atau kegiatan field trip, sekolah membuka hal-hal yang berkaitan pendidikan pembelajaran. Ini dominannya terkait aktivitas tangkap ikan di Pelabuhan Kejawanan.

BACA JUGA:Jumlah Anak Meninggal Gagal Ginjal Akut Sudah 143, Ternyata BPOM Tidak Cek EG dan DEG Obat Sirup

"Biasanya, anak-anak sekolah yang field trip atau magangm dominannya dari perikanan. Tapi instansi terkait di luar perikanan, juga ada kegiatan," ujar Sarwono.

Kata dia, fungsi PPN Kejawanan Cirebon adalah, melakukan sosialisiasi penyebaran informasi mengenai aktivitas pelabuhan perikanan. Secara tugas dan fungsi adalah, penyebaran informasi, baik masyarakat umum, atau siswa sekolah.

"Salah satu kegiatannya, memberikan informasi apa yang dilakukan. Tentunya manfaatnya apa, termasuk siswa sekolah, mengedukasi mereka bagaimana melakukan penangkapan ikan yang baik. Informasi alat tangkap, kapal perikanan, edukasi tidak membuang sampah di darat maupun area pelabuhan, dan itu harus diedukasi," tandasnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah yang melakukan pembelajaran langsung di Pelabuhan Kejawanan. "Prinsipnya, sepanjang tidak ada kegiatan lain, maka kami akan terbuka, dan tidak keluar dari aturan kami," pungkasnya.

BACA JUGA:Remaja Tewas Tersengat Listrik Kabel Wifi di Perumnas Cirebon saat Hujan Deras, Begini Kronologi Kejadian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: