9 Amalan Sunah di Hari Jumat, Penjelasan dan Pahala Khusus untuk Orang yang Mengerjakannya

9 Amalan Sunah di Hari Jumat, Penjelasan dan Pahala Khusus untuk Orang yang Mengerjakannya

Amalan sunah di hari Jumat. Foto:-Pixabay-

Radarcirebon.com -- Artikel kali ini merangkum sembilan amalan sunah dri hari Jumat yang bisa dikerjakan oleh umat muslim.

Seperti diketahui, hari jumat adalah salah satu hari yang dimuliakan di dalam Islam.

Ada banyak keutamaan di hari Jumat, oleh karena umat muslim diajarkan amalan sunah yang dapat dikerjakan di hari Jumat.

Amalan sunah yang bisa dikerjakan di hari Jumat banyak diriwayatkan oleh para ulama sejak dahulu. Selain amalan yang khusus, bagi orang yang mengerjakannya juga ada pahala yang khusus.

Karena banyaknya keutamaan di hari Jumat, maka Rasulullah SAW menyuruh umatnya memperbanyak amalan ibadah sunah di hari Jumat.

BACA JUGA:5 Amalan Ibadah untuk Membangun Rumah di Surga

BACA JUGA:7 Amalan yang Pahalanya Akan Mengalir Terus Setelah Orangnya Meninggal

Amalan ibadah sunnah yang bisa dikerjakan muslim laki-laki di hari Jumat antara lain ialah mandi, sikat gigi, memakai wangi-wangian.

Kemudian memakai pakaian yang bagus ketika salat Jumat serta memperbanyak salat sunnah dan mendengar khutbah sampai selesai.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَاسْتَاكَ، وَمَسَّ مِنْ طِيبٍ إِنْ كَانَ عِنْدَهُ، وَلَبِسَ مِنْ أَحْسَنِ ثِيَابِهِ، ثُمَّ خَرَجَ حَتَّى يَأْتِيَ الْمَسْجِدَ، فَلَمْ يَتَخَطَّ رِقَابَالنَّاسِ، ثُمَّ رَكَعَ مَا شَاءَ أَنْ يَرْكَعَ، ثُمَّ أَنْصَتَ إِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ، فَلَمْ يَتَكَلَّمْ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْ صَلَاتِهِ، كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الَّتِي قَبْلَهَا

“Siapa yang mandi hari Jum’at, sikat gigi, memakai parfum, dan memakai pakaian paling bagus yang dimilikinya, pergi shalat Jum’at dan tidak melangkahi bahu orang, kemudian shalat sunnah dan mendengarkan khutbah sampai selesai, serta tidak berbicara, maka diampuni dosa antara Jum’at itu dan Jum’at sebelumnya” (HR: Ahmad).

BACA JUGA:6 Makna Mendalam Sumpah Pemuda 28 Oktober, Penting Diketahui

BACA JUGA:Sial, Pemuda Bakar Pendopo Walikota Banjar Ditangkap Saat Berobat Akibat Luka Bakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: