Gagal Ginjal Akut adalah, Simak Penjelasan dr Fariz Selengkapnya

Gagal Ginjal Akut adalah, Simak Penjelasan dr Fariz Selengkapnya

Gagal ginjal akut adalah gangguan pada ginjal yang disebabkan senyawa etilen glikol dan dietilen glikol.-Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Gagal ginjal akut adalah sebuah penyakit gangguan terhadap organ yang berbeda dengan penyebab kronik seperti hipertensi maupun diabetes.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Cirebon, dr Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein SpPD menjelaskan, gagal ginjal akut adalah sebuah gangguan pada ginjal dengan penyebab tertentu.

Karena itu, nama untuk gagal ginjal akut adalah acute kidney injury progresive atypical. Sebab, berbeda dengan gagal ginjal biasanya yang terjadi pada orang dewasa.

Penyebab gagal ginjal pada orang dewasa biasanya dikarenakan oleh diabetes, hipertensi, dan beragam penyakit penyerta lainnya.

BACA JUGA:Cirebon Runners Ulang Tahun Ke-7, Helat Fun Run Grage Mall ke Grage City Mall

BACA JUGA:Nikita Mirzani Ditahan, Begini Kondisi Setelah 5 Hari di Rutan

Gejala yang terjadi pada gagal ginjal yang dialami orang dewasa pun bertahap dimulai dengan air kencing yang keruh, kemudian produksi urine berkurang.

Sedangkan gagal ginjal akut biasanya timbul beberapa gejala khas saja. Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) bisa dilihat dari dua hal, yakni produksi urine yang dihasilkan tiap hari dan kadar kreatinin.

"Orang yang dengan atau tanpa penyakit ginjal, urine akan terganggu jika mengalami sakit, untuk itu harus dilakukan cek laboratorium kadar kreatinin," ungkapnya.

Beberapa teridentifikasi anak-anak yang mengalami gagal ginjal akut biasanya mengalami infeksi baik saluran pernafasan maupun penceraan.

BACA JUGA:Raja Kawin dari Majalengka, Sudah 87 Kali Menikah, Berawal dari Sakit Hati pada Wanita

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Alam Kuningan Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi untuk Healing

Jika infeksi saluran pernafasan biasanya ditandai dengan flu, demam, batuk, dan pilek. Kemudian jika infeksi saluran pencernaan ditandai dengan demam, nyeri perut, mual, dan muntah.

Terakhir teridentifikasi anak yang mengalami gagal ginjal karena obat. "Masih dalam penelitian lebih lanjut apakah murni terjadi karena kandungan obat atau karena infeksi yang memicu terjadi gagal ginjal akut," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: