Cara Beralih ke TV Digital dari Siaran Analog, Kenali Ciri dan Perbedaan Dulu

Cara Beralih ke TV Digital dari Siaran Analog, Kenali Ciri dan Perbedaan Dulu

Cara beralih ke TV digital dan perbedaan dengan tv analog.-Ist/Kominfo-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Berikut ini adalah cara beralih ke TV digital dari perangkat atau siaran analog agar dapat menikmati tampilan televisi yang lebih baik.

Namun, sebelum mengetahui cara beralih ke siaran digital tersebut, perlu juga mengenali perbedaan tv analog dan digital.

Kemudian sebelum mengetahui cara beralih ke TV digital, juga perlu mengetahui apa itu STB tv digital yang juga perangkat penting.

Yang paling penting adalah, masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan kepemilikan perangkat juga antena.

BACA JUGA:Kumpulan Kata Bijak Tentang Hujan dan Kopi Bahasa Inggris dan Indonesia, Cocok Buat TikTok, Instagram

BACA JUGA:IAIN Syekh Nurjati Cirebon Wisuda 1.439 Mahasiswa, Lulusan Diharapkan Menjadi Sinar bagi Masyarakat di Sekitar

Untuk pemilik tv analog, juga tetap dapat menikmati siaran digital dengan menggunakan set tol box tc digital atau STB tv digital.

Berikut adalah cara beralih dari dari siaran tv analog ke tv digital.

  1. Pemirsa perlu memastikan apakah di daerahnya sudah ada siaran tv digital. Cara mengetahuinya adalah mendownload aplikasi Sinyal TC Digital yang sudah ada di Playstore ataupun App Store.
  2. Pengguna juga tetap bisa memakai antena UHF. Jenis antena UHF tersebut termasuk yang biasa dipasang di luar ataupun di dalam rumah.
  3. Tidak kalah penting adalah mengecek apakah televisi yang kita punya sudah bisa menerima siaran digital atau mode DVB-T2.
  4. Bila ternyata TV yang dimiliki masih analog, jangan khawatir. Sebab, tetap bias menangkap siaran tv digital dengan menggunakan perangkat bernama STB TV Digital.
  5. Nah, setelah semuanya terhubung, tinggal masuk ke menu setting atau pengaturan.
  6. Setelah itu, lakukan pencarian siaran tv. Seperti layaknya scaning channel tv.
  7. Bila sudah melakukan scan, layanan siaran tv digital sudah bisa dinikmati.

BACA JUGA:Lokasi Konser BLACKPINK Pindah Ke Mana? Menpora Tegaskan GBK Tidak Boleh Dipakai

BACA JUGA:Lowongan Kerja Cirebon Power November 2022, Penempatan di Wilayah Cirebon, Ini Syaratnya

Lalu, apa sebenarnya perbedaan tv analog dan digital?

Yang pertama adalah jenis sinyal. Untuk tv analog tentunya hanya bisa menggunakan atau menerima sinyal UHF. Berbeda dengan TV digital sudah bisa menerima sinyal analog maupun digital. Tentunya kualitasnya lebih baik.

Perbedaan kedua adalah pemancar televisi. Pada tv analog, penerimaan siaran sangat bergantung pada jarak pemancar dengan penerima atau reveiver. Semakin jauh, biasanya kualitasnya juga menurun. Berbeda dengan tv digital yang tidak ada perbedaan jarak.

Televisi yang digunakan untuk siaran digital juga sebenarnya berbeda. Paling mudah membedakan adalah, TV analog bisanya masih berbentuk tabung. Meski belakangan ini, ada juga TV layar datar yakni LCD atau LED tetapi masih analog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: