7 Curug di Majalengka yang Indah dan Menawan, Surga Alam yang Tersembunyi.

7 Curug di Majalengka yang Indah dan Menawan, Surga Alam yang Tersembunyi.

Curug Kapak Kuda--

Radarcirebon.com,  MAJALENGKA -  Berikut 7 Curug di Majalengka yang indah dan menawan, surga alam yang tersembunyi membuat pengunjungnya terpesona dan mampu merasakan kesegaran dari hijaunya alam Majalengka.  
Majalengka memiliki banyak destinasi wisata yang bagus dan menarik salah satunya adalah Curug. Curug merupakan air terjun tetapi orang sunda biasa menyebutnya dengan kata curug.  

Ada banyak sekali curug di majalengka yang indah dan menawan yang cocok untuk mengisi waktu liburan , berpetualang, melepaskan penat, hiruk pikuk keramaian kota dan pekerjaan.

Majalengka merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat, dengan sejuta potensi wisata yang belum banyak digali. Banyak wisata alam yang tersembunyi dengan keindahan yang luar biasa. Curug menjadi salah satu dari wisata alam Majalengka yang indah dan menarik.

BACA JUGA:8 Twibbon Keren Untuk Memperingati Hari Pahlawan 2022 Yang Wajib Kamu Bagikan di Media Sosialmu!

Berikut 7 Curug di Majalengka yang Indah dan Menawan. Wajib ada di list liburan.
1.    Curug Muara Jaya
Curug Muara Jaya adalah air terjun yang berada pada aliran Sungai Muara Jaya, lereng Gunung Ciremai Kabupaten Majalengka.
Curug Muara Jaya sangat populer karena keindahannya meskipun lokasinya di tengah lembah hutan tapi bisa dijangkau dengan mudah karena pengelola sudah menyediakan akses menuju curug.
Curug ini wajib anda kunjungi karena menawarkan keindahan hutan gunung ciremai bersamaan dengan sejuknya udara pegunungan membuat siapa saja pengunjungnya merasa segar, tenang dan rileks.
Curug ini memiliki fasilitas yang memadai seperti toilet, musholah, tempat parkir dan warung makanan. Selain itu dilengkapi dengan Camping Ground. Harga tiket masuk curug Muara Jaya dimulai dari Rp. 5 ribu untuk tiket masuk anak-anak, Rp. 15 ribu untuk dewasa dan tiket Camping Rp. 20 ribu. Terdapat dua tiket masuk yaitu tiket masuk curug terbawah dan tiket masuk curug teratas. Jam operasional curug ini yaitu buka setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00. Hanya berjarak 20 kilometer dari Kota Majalengka.

2.    Curug Cipeuteuy
Curug yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah curug Cipeuteuy yang terletak di Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majaelngka.
Curug ini menawarkan suasana yang nyaman dan udara yang sejuk serta terdapat wahana yang seru dan dilengkapi dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, pasangan atau teman.
Curug ini termasuk dalam kawasan taman nasional gunung ciremai dengan pemandangan yang indah. Curug ini sangat indah dan menarik untuk berfoto-foto atau mandi-mandi.
Tiket masuk curug Cipeuteuy adalah sebesar Rp 15 ribu / orang. Bisa dijangkau hanya dengan jarak 25 kilometer dari Kota Majalengka.

3.    Curug Ibun Pelangi
Masih berada di Kabupaten Majalengka curug ini wajib kamu kunjungi. Curug ini bernama Curug Ibun Pelangi yang memiliki kecantikan yang eksotis. Bagian tebing yang mengapit kedua sisi curug menciptakan sistem pencahayaan yang unik. Pada waktu tertentu, sinar matahari akan menyoroti celah-celah tebing dan menampilkan garis cahaya yang sangat indah. Pada momen tertentu juga pengunjung bisa menyaksikan kemunculan pelangi diantara kedua tebing di Curug Ibun pelangi.Curug ini mampu melepaskan rasa lelah oleh kesejukan udara dan kesegaran bulir-bulir air terjun yang terbawa angin membasahi wajah.    
Untuk bisa menikmati kecantikan curug ini pengunjung cukup mengeluarkan uang tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. Adapun jarak tempuh menuju Curug Ibun Pelangi hanya memakan waktu 30 menit dari alun-alun Majalengka. Dari Terminal Maja hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit ke lokasi Curug Ibun Pelangi.

4.    Curug Cilutung
Curug Cilutung yang berada di Dusun Ciranca, Desa Telaga Kulon, Kecamatan Telaga, Kabupaten Majalengka wajib dimasukkan dalam list liburan karena menawarkan keindahan hamparan air di atas batu Curug Cilutung dan sangat eksostis. Keindahan curug ini cocok untuk bahan obyek instagrammable. Selain itu, di sekitar kawasan dari Curug Cilutung ini bisa menikmati sejuknya udara di pegunungan.
Curug ini hanya bisa dinikmati oleh wisatawan pada saat musim kemarau saja karena disekitar air terjun terdapat bebatuan yang cukup unik, alami, besar dan mempesona.
Sebaiknya wisatawan tidak berkunjung ke curug ini pada musim penghujan karena debit air akan semakin membesar bahkan airnya pun mengeruh.
Fasilitas yang tersedia di curug ini berupa tempat parkir dan taman bermain anak. Waktu tempuh dari kota majalengka sekitar 1 jam perjalanan.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Cirebon Power Terbaru

5.    Curug Sawer
Salah satu obyek wisata curug ini tidak boleh anda lewatkan saat liburan tiba. Curug Sawer berada di Argamukti Majalengka. Curug ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjuungi. Curug ini mampu membuat pengunjungnya merasakan sejuk dan segar karena keasrian alamnya.
Curug Sawer memiliki beberapa fasilitas berupa area parkir, mushola, kamar mandi, penginapan dan masih banyak lainnya. Berjarak 23 km dari pusat kota Majalengka.

6.    Curug Tonjong
Curug Tonjong terletak di Rajagaluh, Majalengka. Curug ini sangat menarik dan tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang bisa membius siapa saja yang berkunjung dilengkapi dengan bebatuan di sepanjang aliran sungai memeperindah curug tersebut.
Terdapat jembatan bambu sebagai akses bagi pengunjung untuk melihat keindahan curug. Curug Tonjong memiliki air yang dingin dan jernih mampu membuat pengunjung tergoda untuk memanjakan tubuhnya dengan berenang atau bermain air.
Curug Tonjong ini sangat mudah diakses oleh siapa aja yang ingin berkunjung. Cukup dengan jarak 19 kilometer dari pusat kota majalengka.

7.    Curug Kapak Kuda
Curug Kapak Kuda menjadi salah satu surga alam yang tersembunyi yang berada di Rajagaluh, Majalengka. Curug ini mempunyai keindahan yang menawan dan masih asri. Hamparan sawah di sekitar menjadi pemandangan yang menyempurnakan suasana alam mampu membuat pengunjunya merasa tenang dan senang.
Curug Kapak Kuda merupakan tipe curug yang berundak menajdi daya tarik curug. Namun tidak mudah untuk sampai ke curug ini karena jalur yang menanjak dan menurun. Disarankan jika ingin mengunjungi curug sebaiknya didampingi oleh orang yang sudah pernah berkunjung. Rute menuju Curug Kapak Kuda bisa melewati Desa Leuwi Munding, setelah tiba di perempatan Rajagaluh belok kanan untuk menuju Desa Sadawangi tempat dimana curug berada.
Curug Kapak Kuda buka 24 jam setiap minggunya. Tidak ada harga tiket untuk menikmati curug ini karena belum dikelola dengan maksimal.
Demikian ulasan mengenai 7 Curug di Majalengka yang indah dan menawan. Semoga dapat terinspirasi. (Yurita febriyawati)

BACA JUGA:MAXstream Perkuat Komitmen Sebagai “Home of Entertainment”, Siap Hadirkan Ragam Konten Orisinal Genre Horor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: