Uji Laik Fungsi Tol Cisumdawu, Seksi 2-3 Diharapkan Dioperasikan Akhir Tahun 2022

Uji Laik Fungsi Tol Cisumdawu, Seksi 2-3 Diharapkan Dioperasikan Akhir Tahun 2022

Uji laik fungsi Tol Cisumdawu sudah dilakukan pada 1 dan 2, November 2022.-BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, BANDUNG - Uji laik fungsi Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) seksi 2 dan 3 telah dilaksanakan pada 1 dan 2, November 2022. Namun, masih ada perbaikan yang harus dilakukan.

Meski sudah menjalani uji laik fungsi, Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3, belum dapat melangkah ke uji coba fungsional dan dioperasikan untuk bulan ini, karena masih ada yang mesti dilengkapi.

BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat menyatakan, uji laik fungsi jalan tol Cisumdawu merupakan tahapan yang harus dilalui sebelum dapat benar-benar melaksanakan uji coba fungsional dan dioperasikan.

Adapun target Tol Cisumdawu untuk beroperasi dan digunakan masyarakat umum pada Seksi 2 dan 3 adalah libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) atau akhir Desember 2022.

BACA JUGA:Pemeran Wanita Kebaya Merah yang Viral, Mengarah ke Sosok Influencer Ini, Ada Tato Mahkota

BACA JUGA:Mixue Haram atau Halal, Manajemen Sebut Produk Tidak Pakai Alkohol, Rum dan Babi

Dengan demikian, Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 diharapkan dapat membantu lalu lintas untuk Libur Natal dan Tahun Baru yang biasanya mengalami kepadatan di ruas jalan tol.

Sehingga dapat memecah kepadatan, karena kendaraan dari arah Cirebon ke Bandung atau sebaliknya dapat mengakses jalur tol ini, setidaknya pada Seksi 1, 2 dan 3.

Karena baru sampai seksi 3, perjalanan Cirebon-Bandung dan sebaliknya, masih harus menggunakan jalur arteri di wilayah Kabupaten Sumedang, kemudian melanjutkan via Jalan Tol Cipali masuk lewat Gerbang Tol (GT) Kertajati.

Meski baru sampai seksi 3, tetapi perjalanan Cirebon-Bandung dan sebaliknya, diprediksi bakal lebih cepat, karena tidak harus memutar via Tol Cipularang dan Purbaleunyi.

BACA JUGA:Mixue Halal Tidak? Begini Jawaban Lengkap dari Manajemen

BACA JUGA:Inilah Cara Pep Guardiola Menyaksikan Piala Dunia Qatar 2022

Sebagai gambaran, perjalanan saat ini menggunakan Tol Cisumdawu dari Bandung ke Cirebon berkisar antara 3 sampai dengan 3,5 jam via Seksi 1 dan kemudian berlanjut ke jalur arteri Cimalaka-Sumedang dan masuk lagi ke GT Kertajati. 

Sebagai informasi, seksi 2 Tol Cisumdawu memiliki panjang 17,05 Km dari Gerbang Tol Pamulihan hingga Kota Sumedang, dan untuk Seksi 3 dari Gerbang Tol Kota Sumedang sampai Cimalaka sepnajang 4,05 Km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: