Tol Cisumdawu Terkini 2022, Target Operasi saat Libur Natal, Semoga!

Tol Cisumdawu Terkini 2022, Target Operasi saat Libur Natal, Semoga!

Jalan Tol Cisumdawu dibuka mulai hari ini dan masih gratis.-BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, MAJALENGKA - Perkembangan terkini Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu pada November 2022, bahwa pada awal bulan kemarin telah memasuki uji laik fungsi.

Dengan uji laik fungsi jalan tol yang sudah dilaksanakan, informasi terkini Tol Cisumdawu ditargetkan bakal dioperasikan pada Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 untuk menunjang akses lalu lintas masyarakat.

Perkembangan terkini, uji laik fungsi tersebut dilaksanakan pada 1-2, November 2022 pada Seksi 2 dan 3 Tol Cisumdawu. Sehingga nantinya pengguna jalan tidak lagi melintasi jalur Cadas Pangeran.

Tidak hanya itu, bila sampai Seksi 3 sudah dapat dioperasikan, perjalanan Bandung ke Cirebon atau sebaliknya dapat lebih singkat meski masih harus melintasi jalur arteri di Cimalaka dan Tomo.

BACA JUGA:Pemeran Wanita Kebaya Merah yang Viral, Mengarah ke Sosok Influencer Ini, Ada Tato Mahkota

BACA JUGA:Mixue Haram atau Halal, Manajemen Sebut Produk Tidak Pakai Alkohol, Rum dan Babi

Dalam keterangannya, BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat, bahwa uji laik fungsi adalah tahapan yang harus dilalui sebelum jalan tol dapat dioperasikan, karena berkaitan faktor keselamatan dan kelengkapan lainnya.

Pasca uji laik fungsi dilaksanakan, nantinya Tol Cisumdawu akan masuk dalam tahap uji coba untuk operasinal dan besar kemungkinan belum dikenakan tarif sampai ada keputusan dari Menteri PUPR.

Meski baru sampai seksi 3, tetapi perjalanan Cirebon-Bandung dan sebaliknya, diprediksi bakal lebih cepat, karena tidak harus memutar via Tol Cipularang dan Purbaleunyi.

Sebagai gambaran, perjalanan saat ini menggunakan Tol Cisumdawu dari Bandung ke Cirebon berkisar antara 3 sampai dengan 3,5 jam via Seksi 1 dan kemudian berlanjut ke jalur arteri Cimalaka-Sumedang dan masuk lagi ke GT Kertajati. 

BACA JUGA:Mixue Halal Tidak? Begini Jawaban Lengkap dari Manajemen

BACA JUGA:Inilah Cara Pep Guardiola Menyaksikan Piala Dunia Qatar 2022

Sebagai informasi, seksi 2 Tol Cisumdawu memiliki panjang 17,05 Km dari Gerbang Tol Pamulihan hingga Kota Sumedang, dan untuk Seksi 3 dari Gerbang Tol Kota Sumedang sampai Cimalaka sepnajang 4,05 Km.

Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 total sepanjang 21,1 Km. Uji Laik Fungsi atau biasa disingkat ULF Jalan Tol merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebelum Jalan Tol dioperasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: