Disbintalal Gelar Bina Mental Terpadu di Kota Cirebon

Disbintalal Gelar Bina Mental Terpadu di Kota Cirebon

Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Laut, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief saat memberikan plakat kepada Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ainul Muslimin.-Dedi Haryadi -radarciebon

Radarcirebon.com, CIREBON-Cirebon menjadi awal dari pembentukan kemaritiman atau pangkalan Angkatan Laut di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Laut (Disbintalal), Brigadir Jenderal TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief saat ditemui radarcirebon.com usai memberikan materi pada acara Pembinaan Mental Terpadu dan Napak Tilas Pahlawan Laut di Kota Cirebon, yang berlangsung di pendopo kantor Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon, Rabu (9/11/2022).

“Kenapa kegiatan ini diselenggarakan di Cirebon?Karena Angkatan Laut Lahir di Cirebon. Maka dari itu kami kembali ke asalnya,”ungkapnya.

Dijelaskan jenderal bintang satu ini, kegiatan tersebut juga memperingati Hari Pahlawan 10 November.

BACA JUGA:Wanita Kebaya Merah Ternyata Pasien Rawat Jalan RSJ, Sempat Bangga Video Viral

"Disbintalal sebagai Badan pelaksana pusat (Balakpus) bertugas menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan pembinaan mental personel yang meliputi pembinaan mental rohani, pembinaan mental ideologi, pembinaan mental tradisi kejuangan dan bimbingan konseling di lingkungan TNI AL,"jelasnya.

Menurut Kadisbintalal, bimbingan konseling merupakan sarana dan prasarana bagi prajurit yang akan melaksanakan tugas operasi, selama operasi dan pasca operasi serta bimbingan keluarga sebagai proses pemberian bantuan melalui wawancara konseling (face to face) kepada individu yang sedang mengalami suatu masalah.

“Kegiatan ini juga memberikan bimbingan dan konseling kepada prajurit TNI AL dalam rangka meningkatkan kemampuan mengelola permasalahan yang sering dihadapi dalam penugasan agar mampu mengendalikan diri dalam tekanan, mengelola stres, tetap memiliki jati diri sebagai prajurit Jalasena yang menjunjung tinggi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI di manapun bertugas,”ujarnya

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cirebon, Drs. Buntoro Tirto mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon mengapresiasi kepada TNI Angkatan Laut yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Inilah Sosok Pengganti Sulastri Irwan, Anak Soerang Petani yang Digagalkan Jadi Calon Polwan

"Atasnama Pemkot Cirebon Saya berterimakasih kepada TNI AL karena telah memilih Kota Cirebon sebagai tempat pembinaan anggota TNI AL,"katanya.

Buntoro juga berharap, melalui pembinaan mental ini jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Cirebon mendapatkan pencerahan dan ilmu yang juga bisa disampaikan kepada masyarakat umum.

“Kegiatan ini sangat strategis dan diharapkan bisa menjaga stabilitas mental prajurit dan demi Indonesia yang aman,” tuturnya.

BACA JUGA:Kecelakaan di Beber Cirebon, Truk Box Oleng Hantam Innova, 8 Orang Luka

Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut Dr Rima Agristina selaku Deputi Bidang Pengendalian dan Evalusi Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Kolonel Laut (KH) Drs Heri Sutrisno selaku Kasubdis Lidprodah Disjarahal, dan Kolonel Laut (KH) Harun Ar-Rasyid selaku Kepala Sub Dinas Bimbingan Rohani Dinas Pembinaan Mental TNI AL.

Selain personel Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh lurah se-kecamatan Lemahwungkuk, Karang Taruna, PNS Kecamatan Lemahwungkuk dan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Anak Petani Peringkat 3 Terbaik Seleksi Calon Polwan Polda Maluku Utara, Digugurkan Karena Melebihi Batas Usia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: