Manfaat Capsaicin Dalam Makanan Pedas Bagi kesehatan

Manfaat Capsaicin Dalam Makanan Pedas Bagi kesehatan

Manfaat Capsaicin Dalam Makanan Pedas Bagi kesehatan -download-penntoday.upenn.edu

radarcirebon.com - Tahukah kalian bahwa makanan pedas memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi dalam kadar yang tepat. Hal itu dikarenakan kandungan capsaicin dalam makanan pedas.

Capsaicin adalah zat aktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Capsaicin secara alami banyak ditemukan pada biji buah cabai, seperti cabai rawit, cabai merah, jalapeno, dan paprika.
Ternyata, zat ini menyimpan beragam khasiat bagi kesehatan tubuh, lho. Diantaranya sebagai berikut.

1. Menurunkan berat badan
Dalam makanan pedas, terdapat kandngan capsaicin yang dapat mempercepat metabolisme dalam tubuh.. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa senyawa ini bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam memecah lemak untuk menghasilkan energi.

Selain itu, senyawa capsaicin dalam makanan pedas juga mampu menghambat nafsu makan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Nah, hal-hal inilah yang membuat konsumsi makanan pedas disebut bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

2. Menjaga kesehatan jantung   
Dalam poin pertama dijelaskan bahwa kandungan capsaicin dapat meningkatkan kemampuan memecah lemak dalam tubuh.

Menurut beberapa penelitian, hal ini sering dikaitkan dengan penurunan risiko terjadinya hipertensi dan kolesterol tinggi. Dengan menurunnya risiko hipertensi dan kolesterol tinggi, maka kesehatan jantung pun bisa lebih terjaga.

3. Mendukung pertumbuhan bakteri baik pada usus
Penelitian menyebutkan, senyawa capsaicin pada makanan pedas juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang berguna untuk melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, dengan terjaganya pertumbuhan bakteri baik dalam usus, maka kerja sistem kekebalan tubuh juga bisa meningkat, sehingga kamu tidak akan mudah terserang penyakit.

4. Menurunkan risiko terjadinya kanker
Capsaicin yang banyak terkandung dalam bahan makanan pedas, terutama pada cabai, juga diketahui dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Walau demikian, manfaat makanan pedas yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi makanan pedas juga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan, ya.

Pasalnya, seperti yang disebutkan sebelumnya, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa meningkatkan risikomu mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan diare.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi capsaicin dalam makanan pedas. Dan risiko bila mengonsumsinya secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: