Syarat, Cara Daftar, dan Cara Cek BPJS Kesehatan

Syarat, Cara Daftar, dan Cara Cek BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan.-Ist-radarcirebon.com

Radarcirebon.com - BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Program ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat secara merata.

Berbicara tenang BPJS Kesehatan, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang syarat daftar BPJS Kesehatan, cara daftar BPJS Kesehatan, dan cara cek BPJS Kesehatan.

Syarat Daftar BPJS Kesehatan untuk PBPU/Mandiri:

  • Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga
  • Buku tabungan Bank yang melayani autodebit BNI, BRI, Mandiri dan BCA (dapat menggunakan rekening tabungan Kepala Keluaraga/anggota Keluarga dalam Kartu Keluarga/penanggung)
  • Calon peserta dapat melakukan pembayaran iuran pertama dalam waktu paling cepat 14 hari atau paling lambat 30 hari setelah pendaftaran

Cara Daftar BPJS Kesehatan online lewat Pandawa:

  • Buka aplikasi WhatsApp Chat Chika pada nomor 0818750400
  • Ketik Menu, Chika akan membalas dengan beberapa pilihan
  • Balas dengan ketik angka 6 untuk memilih Layanan Pandawa
  • Chika akan memberikan nomor WA Layanan Pandawa
  • Lanjutkan Chat dengan Pandawa, maka Pandawa akan memberikan arahan lanjutan. Anda akan diminta mengisi formulir secara online melalui link yang diberikan Pandawa
  • Klik link yang diberikan Pandawa Pilih menu pendaftaran baru
  • Pilih salah satu jenis kepesertaan: {NS/TNI/Polri, Warga Negara Asing atau PBPU/Mandiri
  • Lanjutkan proses pendaftaran dengan mengisi kolom informasi yang dibutuhkan
  • Unggah dokumen syarat daftar BPJS Kesehatan ikuti petunjuk sampai proses pendaftaran selesai

Cara Mengecek BPJS Kesehatan

1. WhatsApp

Cara cek BPJS Kesehatan yang pertama adalah melalui WhatsApp. Caranya juga mudah, anda chat ke nomor 0811-8750-400. Lalu, petugas akan memandu anda untuk pengecekan data.

2. SMS

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak selanjutnya adalah melalui SMS. Caranya adalah, anda ketik ‘NIK Nomor Kependudukan atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan’. Kemudian, kirim ke nomor layanan BPJS di 08777-5500-400.

3. JKN

Aplikasi JKN  bisa anda unduh di Google Play Store atau App Store. Caranya adalah, buka aplikasi Mobile JKN di smartphone anda, login dengan NIK dan password, ketik kode captcha di kolom tersedia. Kemudian, anda klik login, pilih menu Peserta. Nomor BPJS Kesehatan bisa dilihat di kartu digital yang muncul di aplikasi tersebut.

4. Website

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengecek BPJS Kesehatan adalah melalui website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Lalu, anda akan disuruh mengisi data yang diminta. Sedangkan, data untuk login BPJS Kesehatan tagihan adalah nomor Kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan angka validasi.

Setelah mengisi data, anda klik ‘Cek’ dan data pembayaran akan muncul. Data cek pembayaran BPJS Kesehatan akan menunjukan nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status aktif atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: