Rahasia Gerakan Salat, Makna dan Artinya yang Perlu Diketahui

Rahasia Gerakan Salat, Makna dan Artinya yang Perlu Diketahui

Bacaan doa sujud sahwi dan tata cara. Ilustrasi foto:-Purwaka Seta-Pixabay

Dalam posisi ini manusia mewakili ibadahnya para malaikat yang menyembah Allah dalam posisi ini secara konsisten dan hewan-hewan yang selalu berdiri dalam ruku’nya di atas empat kaki mereka.

Ruku’ artinya mengagungkan Kebesaran Sang Pencipta beserta seluruh alam semesta yang melihat kelemahan dan kemiskinan manusia dengan melafazkan “subhana robbial azim” berusaha menanamkan akarnya di dalam hati kita dan untuk mengangkat kepala kita dari ruku’ dengan harapan memperoleh rahmat Allah dengan cara mengulang-ulang kebesaran Allah Subhanahu Wata’ala.

Sujud

Dengan posisi ini manusia mewakili ibadahnya para malaikat yang secara terus menerus bersujud dan binatang melata yang nampaknya hampir selalu bersujud seumur hidupnya.

Sujud adalah meninggalkan segala sesuatu selain dari pada Allah (swt) dengan mengucapkan “subhanarobial a’la” dengan kerendahan hati kepada Keindahan Allah, asma  Allah dan segala sifat-Nya.”

Seorang hamba menjadi paling dekat dengan Tuhannya ketika bersujud. Maka, perbanyaklah doa dalam sujud.

Qa’da (duduk)

Dengan posisi ini manusia mewakili ibadahnya para malaikat yang menyembah-Nya sambil duduk dan juga gunung-gunung, bebatuan juga Nampak dalam bentuk yang sedang duduk.

Manusia menegaskan bahwa segala sesuatu yang dia miliki sebenarnya adalah milik Allah dengan mengucapkan tahiyyat. Dia memperbarui imannya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat ( Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya).

Di dalam sholat, semacam Mi’raj bagi orang beriman- tasyahud adalah mengingat percakapan antara  Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam dengan Allah Azza Wajalla pada saat Mi’raj.

Demikian penjelasan singkat mengenai gerakan salat. Wallahu A’lam Bishawab. (jbe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: