Rodd McGibbon Ingin Susun Ulang Fragmen Sejarah Cirebon

Rodd McGibbon Ingin Susun Ulang Fragmen Sejarah Cirebon

BERKUNJUNG: Rodd McGibbon berkunjung ke Graha Pena Radar Cirebon. Dia datang dengan tujuan menyusun ulang fragmen sejarah Cirebon. -APRIDISTA SITI RAMDHANI-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Mantan pegawai negeri sipil (PNS) sekaligus dosen di Australia, Rodd McGibbon, tengah berkunjung ke Indonesia. Bukan tanpa tujuan Rodd datang ke Indonesia. Dia datang dengan tujuan menyusun ulang fragmen sejarah Cirebon.

Dalam kunjungannya ke Graha Pena Radar Cirebon, Rodd yang merupakan menantu dari RSA Prabowo, ingin menulis sisi lain dari sejarah Cirebon. Mengingat, pada saat RSA Prabowo menjabat sebagai walikota Cirebon (1960-1965), belum banyak yang diketahui publik.

Untuk itu, ia datang ke Cirebon untuk membuat tulisan dengan melakukan wawancara langsung. "Sangat menarik untuk mengulas sisi lain sejarah Cirebon pada masa RSA Prabowo," tuturnya.

Rodd menuturkan, selain dilantik sebagai walikota Cirebon oleh Soekarno, RSA Prabowo kala itu sangat dekat dengan Soekarno. Kunjungan pun kerap dilakukan Soekarno ke Cirebon kala itu. Beberapa program yang diinisiasi RSA Prabowo yang paling menonjol. Di antaranya pembuatan menara air untuk menunjang air bersih di Kota Cirebon.

BACA JUGA:Di Waled ada 4 Desa Endemi DBD, Kepala Puskesmas Cibogo: Alhamdulillah Tertangani dengan Baik

Kemudian perencanaan pembangunan pasar pagi pada saat kepemimpinan RSA Prabowo sebagai walikota, telah dibuat masterplane untuk dijadikan pasar sandang Asia Tenggara.

Sebelum menjabat sebagai walikota Cirebon, RSA Prabowo merupakan pegawai PT KAI. "Beliau adalah sosok yang banyak membuat perencanaan untuk Kota Cirebon, baik berupa pembangunan infrastruktur, perbaikan kualitas hidup dan tata ruang, hingga pondasi untuk aktivitas ekonomi dan perdagangan," ungkapnya.

Rodd kini berusaha menyusun ulang fragmen sejarah yang selama ini tidak terpublikasi agar dapat menjadi khasanah pengetahuan baru untuk masyarakat Cirebon dan sekitarnya juga menjadi sumber sejarah yang selama ini tidak diajarkan pada anak-anak atau tidak tercatat pada publikasi ilmiah maupun catatan jurnal.

BACA JUGA:Tanggap Darurat Gempa Cianjur, BPBD Kabupaten Cirebon Kirim Tim Reaksi Cepat dan Bantuan

Rodd akan bekerjasama dengan Radar Cirebon untuk melakukan inventaris napak tilas sejarah dan pembangunan selain berdasarkan catatan dan literatur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: