Yamaha 2022-09

Amalan Serta Keutamaan yang Bisa Kalian Lakukan Sebelum Sholat Jumat

Amalan Serta Keutamaan yang Bisa Kalian Lakukan Sebelum Sholat Jumat

Amalan Serta Keutamaan yang Bisa Kalian Lakukan Sebelum Sholat Jumat-capture-NU Online

RADARCIREBON.COM - Hari Jumat adalah hari yang paling mulia bagi umat Muslim karena pada hari tersebut, banyhak amalan dan keutamaan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala dan iman. Salah satu ibadah yang diwajibkan bagi ikhwan adalah solat Jumat.

Shalat Jumat adalah shalat yang diwajibkan untuk umat muslim laki-laki, dilaksanakan hanya dengan 2 rakaat di waktu dzuhur yang disertai dengan dua khutbah terlebih dahulu.

Tidak hanya sholat Jumat yang memiliki banyak keutamaan di dalamya, ada juga sunah yang dianjurkan dilakukan sebelum melaksanakan sholat Juamt, yaitu sebagai berikut.

1. Bersiwak atau menggososk gigi

Bagi yang hendak sholat Jumat disarankan mandi sebelum menunaikan ibadah wajib bagi laki-laki tersebut. Sebagai ibadah sunnah, mandi bukan syarat sah sholat sehingga tak perlu khawatir jika tidak sempat mandi. Hal ini tertulis dalam hadis yang diceritakan Ibnu Umar RA.

"Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi." (HR. Bukhori dan Muslim).

2. Memotong kuku dan kumis

Rasulullah SAW biasa memotong kuku dan kumis pada hari Jumat, jadi kalian mengamalkan sunnah ini sebelum melaksanakan sholat Jumat. Seperti yang tertulis dalam hadist berikut.

“Nabi SAW biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat." (HR Imam Al-Baihaqi).

3. Berpakaian rapih dan dianjurkan memakin baju putih

Berpakaian rapi juga sangat dianjurkan ketika melaksanakan shalat Jumat di masjid. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu konsentrasi jamaah lainnya ketika menunaikan shalat Jumat.

Baju warna putih sangat dianjurkan untuk dipakai karena merupakan warna netral yang melambangkan kesucian.

"Kenakanlah pakaian warna putih karena pakaian tersebut lebih bersih dan paling baik. Kafanilah pula orang yang mati di antara kalian dengan kain putih." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Menggunakan wangi-wangian

Kekhusyukan shalat Jumat ditandai dengan suasana yang tenang diantara jamaahnya. Oleh karena itu, Nabi menganjurkan untuk menggunakan wangi-wangian untuk menghindari bau yang tidak sedap. Hal ini tentu saja untuk menghindari kegaduhan antar jamaah.

"Hari ini (jum'at) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan shalat Jum'at, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak)." (HR. Ibnu Majah).

5. Membaca doa keluar rumah

Sudah menjadi budaya bagi orang Muslim untuk membaca doa atau membaca basmallah ketika ingin melakukan sesuatu yang positif. Jadi, kalian bisa membaca doa ketika ingin berangkat sholat Jumat. Tapi alangkah baik bila doa ini dipraktekan setiap ingin keluar rumah.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Latin: bismillaa hi ta wakal tu Alallah, la haula wa la quwa ta Il laa billah.

Yang artinya adalah “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah”

6. Sholat tahiyatul masjid

Saat kalian masuk dalam masjid, pastikan kalian sudah dalam keadaan bersuci atau masih memiliki wudhu hingga bisa melaksanakan sholat tahiyatul masjid. Sholat sunnah dengan jumlah rakaat 2 rakaat.

Seperti yang tertulis dalam hadist berikut ini.

"Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum dia duduk." (HR Bukhari dan Muslim).

7. Diam dan fokus

Ketika sudah selesai melaksanakan sholat tahiyatul masjid, disarankan untuk duduk diam dan tak melakukan hal yang sia-sia. Usahakan memperbanyak doa atau dzikir dan saat khatib sudah membacakan shotbah maka diam dan dengarkanlah.

"Jika kamu berkata kepada temanmu, "Diamlah" sementara imam sedang berkhutbah di hari jumat, sungguh ia telah berbuat sia-sia." (HR Bukhari dan Muslim).

Itulah tadi beberapa amalan yang bisa kalian lakukan sebelum sholat Jumat. Semoga informasi di atas bermanfat bagi kita semua dan membantu kita untuk lebih dekat dengan-Nya.

Sumber: