Yamaha 2022-09

Tips Perawatan Sepeda Motor di Musim Hujan, Perhatikan Bagian Ini

Tips Perawatan Sepeda Motor di Musim Hujan, Perhatikan Bagian Ini

Mencuci motor usai berkendara di musim hujan bermanfaat untuk menjaga komponen di motor agar tidak cepat rusak diakibatkan oleh air hujan. -DAM-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Tips merawat sepeda motor di musim hujan, ada bagian-bagian tertentu yang perlu diperhatikan secara khusus.

Simak artikel berikut ini untuk mengatahui tips perawatan sepeda motor di musim hujan.

Ya, musim hujan terjadi dikarenakan faktor alam yang tidak bisa dihindari di mana biasanya akan terjadi antara penghujung tahun sampai awal tahun berikutnya.

Nah, di saat musim hujan, perlu dilakukan perawatan khusus untuk kendaraan terutama sepeda motor agar tetap dalam kondisi yang prima dan nyaman dikendarai.

Tips perawatan sepeda motor di musim hujan kali ini diungkapkan oleh Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman.

BACA JUGA:Buntut 'Miras Minuman Rasulullah', Sule, Budi Dalton, hingga Mang Saswi Dilaporkan ke Polisi

Menurut Ade, pada sepeda motor ada beberapa komponen yang bergerak atau yang berputar yang membutuhkan perhatian khusus.

Antara lain rantai roda khusus untuk tipe motor Cub dan Sport, CVT untuk motor tipe Matic, bearing roda, bearing CVT, dan ban sepeda motor.

Komponen-komponen tersebut bisa berpotensi terkontaminasi air hujan yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan yang lebih cepat.

"Selain harus memperhatikan kondisi dari masing-masing komponen sepeda motor, yang tidak kalah pentingnya adalah keselamatan kita sebagai pengendara harus menjadi perhatian khusus saat berkendara mulai dari kondisi fisik, perlengkapan berkendara, hingga gaya berkendara," ujarnya kepada radarcirebon.com.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan pada sepeda motor seperti misalnya, memeriksa tekanan angin dan ban depan belakang secara berkala minimal 1 atau 2 minggu sekali.

BACA JUGA:Soal ‘Miras Minuman Rasulullah’ Budi Dalton Sowan Kiai Indramayu, Ini Tujuannya

BACA JUGA:Kontes Gay Cianjur Viral, Dikaitkan dengan Penyebab Gempa, Begini Fakta Sesungguhnya

Ini dikarenakan potensi berkurangnya tekanan angin akan terjadi akibat suhu yang dingin.

Sumber: