Inilah Momen yang Paling Ditunggu Masyarakat! Awal Desember, Liga 1 2022-2023 Kembali Dimulai

Inilah Momen yang Paling Ditunggu Masyarakat! Awal Desember, Liga 1 2022-2023 Kembali Dimulai

Logo Liga 1-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Akhirnya kompetisi sepakbola tertinggi di Tanah Air Liga 1 2022-20223 kembali digelar usai dihentikan pasca tragedi Kanjuruhan yang mewaskan ratusan orang superter Areamia.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi memutuskan Liga 1 2022-2023 dilanjutkan dengan menggunakan sistem bubble.

Kompetisi liga tertinggi tanah air itu akan digelar di Jawa Tengah sampai putaran pertama tuntas atau hingga laga pekan ke-17.

BACA JUGA:Waduh! Ruangan di Gedung Baintelkam Mabes Polri Terbakar

"Lanjutan Liga 1 itu rencananya mulai 2 Desember 2022. Untuk bubble nantinya tanpa penonton dan kami mau menyelesaikan putaran pertama dahulu," ujar Direktur Utama LIB Ferry Paulus di Jakarta, Kamis.

Menurut Ferry, kebijakan tanpa penonton tersebut dikeluarkan agar LIB dan klub memuluskan implementasi regulasi-regulasi baru pascatragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 135 orang dan melukai ratusan lainnya.

Hal itu karena, pada paruh kedua musim Liga 1 akan kembali ke skema kandang-tandang.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Booster Buatan Dalam Negeri: Vaksinasi Harus Dilanjutkan

Sementara Jawa Tengah dipilih karena lokasinya berada di tengah-tengah Pulau Jawa dan memiliki infrastruktur memadai yang sudah diverifikasi oleh Kementerian PUPR.

Ada empat stadion yang disiapkan untuk skema gelembung Liga 1 yakni Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Sultan Agung (Bantul) dan Stadion dr Moch Soebroto (Magelang).

Ferry Paulus pun menegaskan bahwa semua tim Liga 1 2022-2023 setuju dengan skema gelembung itu.

BACA JUGA:Polres Majalengka Gelar Razia Tempat Hiburan dan Peredaran Miras Hingga Narkoba

"Semuanya sepakat karena memang ini menyesuaikan dengan dinamisnya peraturan-peraturan dari polisi yang akan diselaraskan mulai dari proses izin, pelaksanaan pertandingan sampai evaluasi," kata Ferry.

Pria yang sebelumnya menjabat Direktur Olahraga Persija itu melanjutkan, putaran pertama Liga 1 Indonesia 2-22-2023 diharapkan selesai sebelum laga perdana timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022 yaitu pada 23 Desember 2022.

Hal itu supaya klub-klub lebih lempang untuk melepas pemainnya ke timnas Indonesia.

"Target kami 22 Desember 2022 selesai putaran pertama. Itu bagian dari asa kami untuk membantu timnas bisa benar-benar leluasa. Teman-teman klub sudah sepakat tidak menghalangi pemain mereka ke timnas."

BACA JUGA:Personel Polresta Cirebon Berikan Trauma Healing bagi Anak-anak di Cianjur

"Untuk awal putaran kedua, kami belum mendapatkan jadwal pas, tetapi yang pasti pada awal atau pertengahan Januari 2023," tutur Ferry.K

Untuk menyelaraskan semua rencana terkait lanjutan Liga 1, Ferry Paulus menyebut bahwa LIB akan menghadiri rapat koordinasi yang digelar pada Senin 28 November 2022 di Gedung Kemenpora, Jakarta. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase