Lestarikan Bahasa Daerah, Disparbud Jabar Gelar Kongres Bahasa Cirebon

Lestarikan Bahasa Daerah, Disparbud Jabar Gelar Kongres Bahasa Cirebon

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon menggelar jumpa pers di Gedung Negara (Bakorwil), Jumat 25 November 2022.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat bersama Dinas Kebudayawan dan Pariwisata Kota CIREBON bakal menggelar Kongres Bahasa CIREBON dan Riksa Budaya CIREBON Dermayu.

Kongres Bahasa Cirebon akan berlangsung di salah satu hotel berbintang Jl RA Kartini, Sabtu pagi 26 November 2022.

Sedangkan Riksa Budaya Wilayah Budaya Cirebon Dermayu tersebut akan berlangsung di halaman Gedung Negara Kota Cirebon, hari Sabtu malam 26 November 2022 dan Minggu 27 November 2022.

BACA JUGA:Sungguh Tega! Ayah Kandung dan Tiri Mencabuli Anaknya

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dra Febiyani kepada wartawan saat menggelar jumpa pers mengatakan, Kongres Bahasa tersebut dilaksanakan dalam rangka pelestarian bahasa.

Sesuai dengan amanah Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 14 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastradan Aksara Daerah.

"Kongres bahasa daerah wilayah Cirebon Dermayu ini pesertanya kita mengambil dari wilayah penutur yang bahasanya bukan bahasa Sunda, tentunya Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, kemudian juga Indramayu dan Majalengka, dan ada juga Karawang," katanya di Gedung Negara (Bakorwil) Jl Siliwangi, Kota Cirebon, Jumat 25 November 2022.

BACA JUGA:Menteri BUMN Erick Thohir Kunjungi Trauma Healing Korban Gempa Cianjur

Selain kongres bahasa, menurut Febiyani, digelar juga kegiatan Riksa Budaya Cirebon Dermayu.

"Riksa budaya Cirebon Dermayu ini intinya adalah untuk penguatan nilai budaya lokal. Nah, nilai budaya lokal tentu saja nggak bisa disamakan dengan Priangan kemudian melayu Betawi."

"Kita hadir di Kota Cirebon ini ingin mengangkat budaya lokal yang ada di wilayah Cirebon Dermayu."

BACA JUGA:Presiden Jokowi Tak Sabar Ingin Bertemu dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim

"Nanti siapa saja yang tampil, tentu saja Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka," ujarnya.

Febiyani menuturkan, tema kegiatan Riksa Budaya Cirebon Dermayu mengambil dari petitih kanjeng Sunan Gunung Jati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase