Takut HItam karena Berjemur Matahari? Ini Manfaat dan Waktu Berjemur yang Baik

Takut HItam karena Berjemur Matahari? Ini Manfaat dan Waktu Berjemur yang Baik

Manfaat dan Waktu Berjemur yang Baik-capture-antaranews

RADARCIREBON.COM - Demi menjaga kesehatan tubuh, kita perlu makan makanan yang seimbang, pola hidup yang teratur, dan rutin menjemur tubuh. Meskipun berjemur adalah hal yang menyehatkan tapi ada pula waktu berjemur yang baik agar manfaat yag diterima lebih optimal.

Berjemur tidak bisa dilakukan sembarang waktu. Waktu berjemur yang baik untuk mendapatkan vitamin D secara optimal di kawasan sekitar khatulistiwa seperti Indonesia berada pada kisaran waktu pukul 9 pagi. Anda sebaiknya segera menghentikan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari setelah melewati pukul 10 pagi.

Adapun manfaat yang diterima tubuh dari berjemur, yaitu sebagai berikut:

BACA JUGA:4 Game unik dan seru , Gamers pasti ga kepikiran!

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat pertama dari berjemur adalah dapat meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini karena paparan sinar matahari di pagi hari mampu mengubah energi menjadi pro-vitamin D dalam tubuh.

Cukupnya jumlah Pro-Vitamin D di dalam tubuh memiliki banyak manfaat bagi kulit mulai dari melembapkan, menenangkan kulit yang meradang, serta menjadi ‘tabir surya alami’ bagi kulit.

Selain itu, berjemur yang cukup juga dapat mencegah terjadinya glikosilasi kolagen, yaitu rusaknya protein kolagen di dalam tubuh akibat gula darah yang terlalu tinggi. Terjadinya glikosilasi kolagen dapat mempercepat proses penuaan dini.

Oleh karena itu, berjemur setiap hari secara tidak langsung juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

BACA JUGA:Jadi lah petualang ! 4 Game adventure android yang asik abis!

2. Meningkatakn suasana hati

Sinar matahari pagi bisa memunculkan rasa bahagia, yang ditimbulkan dari hormon serotonin, hormon dopamin, serta beta endorfin yang berperan dalam membantu untuk memunculkan rasa bahagia dan mengurangi stres.

Tidak hanya itu, sinar matahari pagi juga bisa menekan produksi hormon melatonin dalam tubuh yang dapat membuat tubuh terlihat lesu.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: