SMK Telkom Cirebon Bekali Siswa Portofolio Digital

SMK Telkom Cirebon Bekali Siswa Portofolio Digital

TETAP EKSIS: SMK Telkom Sekar Kemuning berkomitmen untuk terus mencetak lulusan yang unggul. Terutama di bidang Digital Talent.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sebagai sekolah berbasis keterampilan, SMK Telkom Sekar Kemuning berkomitmen untuk terus mencetak lulusan yang unggul. Terutama di bidang Digital Talent. Dalam rangka mencetak lulusan yang berkompeten, SMK Telkom Sekar Kemuning terus mengembangkan kurikulum kekinian. Salah satunya dengan menerapkan raport pembelajaran berbasis digital atau Student Digital Portofolio (SDP).

Ketua Yayasan Miftahul Ulum (YMU) yang mengelola SMK Telkom Sekar Kemuning, Putut Purwanto SMB mengatakan, SDP merupakan laporan dari seluruh kegiatan siswa yang berbasis digital atau proyek digital siswa selama mereka belajar. Setiap siswa, kata Putut, mempunyai SDP untuk meng-uopload seluruh kegiatan dan proyek digitalnya ke media sosial Instagram yang bisa dilihat oleh guru-guru, siswa lain, hingga orang tua.

“Dengan SDP ini, semua kegiatan akademik bisa terekam dengan baik. Sehingga orang tua bisa menilai sendiri perkembangan anaknya selama belajar di sekolah ini,” ungkapnya.

Menurut pria yang juga merupakan kepala SMK Telkom Sekar Kemuning ini, SDP bisa digunakan sebagai portofolio siswa ketika mereka lulus kelak. Baik digunakan untuk masuk ke dunia kerja, berwirausaha maupun ketika mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Dugaan Pembunuhan di Tol Cipali, 8 Orang Pelaku Ditangkap Polresta Cirebon

Putut mengatakan, dalam mempersiapkan lulusan yang siap masuk dunia kerja, berwirausaha atau melanjutkan ke perguruan tinggi, pihaknya telah mempersiapkan dengan sebaik mungkin. Di mana, salah satu program unggulan yang dimiliki oleh SMK Telkom Sekar Kemuning adalah mempersiapkan siswa sebagai Digital Talent. “Dengan pesatnya perkembangan di dunia digital, kami ingin terus membekali siswa dengan kompetensi yang memang betul betul di butuhkan di era sekarang,” ucapnya.

Putut menjelaskan, SMK Telkom Sekar Kemuning merupakan sekolah yang bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Telkom. Yang mana, Yayasan Pendidikan Telkom ini membawahi sejumlah perguruan tinggi ternama.

Misalnya Telkom Univercity dan Institut Teknologi Telkom (ITT) yang tersebar di sejumlah kota, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Purwokerto. SMK Telkom Sekar Kemuning  mempunyai visi misi, yakni mencetak generasi unggul yang mampu berkompetisi dan bertaqwa serta memiliki kemampuan 4C (Comunication, Collaboration, Critical thinking and problem solving dan Creatif and innovative).

BACA JUGA:Penyerangan Omprengan Siswa SMK di Jamblang Cirebon, 1 Orang Meninggal Dunia, 1 Luka Ditimpuk Batu

SMK Telkom Sekar Kemuning juga telah menjalin kerja sama dengan banyak perusahan ternama. Pendampingan langsung dari industry, terutama dari PT Telkom selama pembelajaran, dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi siswa, sesuai bidang masing-masing. Sehingga siswa memiliki kompetensi dan juga menguasai ICT Life Skill.

“Selain membekali para siswa dengan kompetensi di bidang Digital Talent, kami juga membekali siswa dengan karakter. Dengan memadukan antara pengajaran agama Islam, pelajaran berbasis kurikulum Dikbud dan pelajaran berbasis IT dalam rangka membangun karakter dan kemandirian siswa,” pungkasnya.

BACA JUGA:Penemuan Mayat di Jembatan Tol Cipali, Berikut Identitas Korban Dugaan Pembunuhan, Warga Kertajati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: